Helo Indonesia

Google Siapkan Fitur Scan Barcode Jarak Jauh, Penasaran Cara Kerjanya? Yuk Simak

M. Haikal - Teknologi
Kamis, 10 Agustus 2023 13:14
    Bagikan  
Liga atau gambar Google
Foto : Ist

Liga atau gambar Google - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Fitur canggih yang dikembangkan Google segera akan membuat memindai kode QR dari jarak jauh lebih mudah bagi pengguna Android.

Perusahaan raksasa teknologi itu sedang menyempurnakan pemindai kode yang mengenali kode QR dari tampilan kamera, memperbesarnya, dan kemudian membaca kode.

Ini tidak tersedia untuk perangkat tertentu, tetapi telah dimasukkan ke dalam API terbaru yang tersedia untuk pengembang oleh Google.

API Pemindai Kode QR Google yang diperbarui bertanggung jawab atas inovasi ini. Meskipun mendukung aplikasi QR Code Scanner asli Google, kemudahan penggunaan membuatnya dapat dimasukkan ke dalam aplikasi pihak ketiga juga.

Baca juga: Dibekali Resolusi FHD dan Refresh Rate 180Hz, Para Gamers Buruan Merapat, Layar Monitor Gaming Lenovo Legion R25i-30 IPS Dirilis

Penghapusan persyaratan izin kamera merupakan keuntungan besar bagi pengembang. Ini meningkatkan pengalaman pengguna dan mempercepat proses pengembangan.

Kemajuan dalam pembelajaran mesin perangkat Google adalah dasar fitur ini. API mempertahankan privasi pengguna dengan hanya membaca kode QR dan mengirimkan
objek barcode ke aplikasi.

Aplikasi AI upscaling di sektor media lain menunjukkan kemampuan teknologi ini, meskipun cara kerjanya masih misterius.

Seorang otoritas Android terkemuka, Mishal Rahman mengatakan bahwa fitur pembesaran otomatis telah ditemukan dalam pustaka API pemindaian kode batang ML Kit terbaru.

Baca juga: Gubernur Arinal Terima KUR Award 2023 dari Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto

Pustaka ini, yang dapat diakses melalui Layanan Google Play menunjukkan bahwa perangkat Android versi 13 ke atas mungkin segera memanfaatkan fitur ini, mengingat ketergantungan mereka pada pustaka yang sama.

Satu pertanyaan untuk fitur ini. Akankah fitur ini digunakan dengan baik oleh ponsel dengan kamera yang lebih rendah?

Selain itu, apakah itu hanya berlaku untuk Google Pixel atau semua ponsel dapat menggunakannya?

Bagaimana pendapat anda tentang fitur terbaru yang satu ini?