bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Indonesia Game Experience (IGX) Siap Jadi Acara Game Terbesar di Indonesia

M Ridwan - Teknologi
2 jam 36 menit lalu
    Bagikan  
Game,
Ist

Game, - Jakarta Game Expo (JGX) menjadi event nasional dengan brand terbaru bernama Indonesia Game Experience (IGX) 2024.

HELOINDONESIA.COM - Menyikapi respon pasar yang sangat antusias, perusahaan IT Digiltalife yang bernaung di organisasi Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS), secara mengejutkan mengumumkan telah meningkatkan status event tahunan Jakarta Game Expo (JGX) menjadi event nasional dengan brand terbaru bernama Indonesia Game Experience (IGX) 2024.

Transformasi event lokal naik kelas menjadi taraf nasional ini, bukan hanya sekadar rebranding, tetapi juga menandai ekspansi besar-besaran acara ini ke berbagai kota besar di Indonesia yang siap menjadi game event terbesar di Indonesia.

Hal itu disampaikan Ketua Umum DPP APTIKNAS Ir. Soegiharto Santoso, SH saat menyampaikan sambutannya dalam Press Conference peluncuran Indonesia Game Experience (IGX) 2024 di Tangcity Mall, Kota Tangerang, Banten, Jumat (02/08/2024).

Baca juga: 10 Orang Saksi dalam Perkara Korupsi PT Duta Palma Diperiksa Kejaksaan Agung 

Kesuksesan pelaksanaan JGX selama dua tahun berturut-turut, ungkap Soegiharto, merupakan kelanjutan dari suksesnya pelaksanaan Jakarta Game Show yang telah digelar sejak tahun 2011 hingga 2013 oleh penyelenggara acara Digitalife di bawah kepemimpinan Hendri Andrigo Sutanto yang juga merupakan Ketua DPD APTIKNAS DKI Jakarta.

“Setelah dua tahun berturut-turut mendapatkan sambutan positif dari komunitas gamers di wilayah Jakarta, kami DPP APTIKNAS sangat mendukung kenaikan status penyelenggaraan kegiatan ini menjadi event nasional. Sejak awal APTIKNAS mendukung penuh kegiatan ini dan pencapaian Digitalife dibawah komando Bro Hendri Andrigo Sutanto perlu diapresiasi,” ungkap Hoky sapaan Soegiharto yang juga menjabat sebagai Sekjen DPN PERATIN (Perkumpulan Advokat Teknologi Informasi Indonesia) serta menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP SPRI (Serikat Pers Republik Indonesia).

Transformasi ini bertujuan untuk menyebarkan semangat dan pengalaman gaming yang lebih luas ke berbagai kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Tangerang, Surabaya, dan Bandung.

Baca juga: Jalankan Tiga Arahan Presiden, Menteri AHY Minta Jajaran Perkuat Layanan Prioritas dan Strategi Komunikasi

Untuk kali ini kegiatan akan dilakukan secara serial dimulai pada tanggal 1-4 Agustus 2024 bertempat di Tangcity Mall, Tangerang, kemudian pada tanggal 13-16 September 2024 bertempat di Mangga Dua Square, Jakarta, dilanjutkan pada tanggal 24-27 Oktober 2024 bertempat di WTC Surabaya, serta akan diselenggarakan pada tanggal 21-24 November 2024 di kota Bandung.

Pada kesempatan Press Conference IGX 2024 ini juga, Direktur TAITRA Jakarta Amy Hsiao menyampaikan dukungannya terhadap penyelenggaraan kegiatan IGX 2024.

Menurutnya, "Taiwan telah lama menjadi pemimpin di bidang teknologi informasi khususnya dalam perangkat keras game. Komitmen kami terhadap inovasi dan kualitas telah tercapai menjadikan kami kekuatan global dalam industri game, kami terkesan dengan semangat para gamer Indonesia dan pesatnya pertumbuhan industri e-sports di Indonesia, kami akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh APTIKNAS." Ujar Amy.

Baca juga: Menparekraf: Wellfest 2024 Perkuat Indonesia Sebagai Global Wellness Tourism Destination

Nara sumber lainnya, Dandit Hardianto dari PT Finnet Indonesia menyampaikan, acara IGX 2024 selaras dengan visi dan misi PT Finnet Indonesia untuk menumbuhkan inovasi baru yang dapat menggabungkan antara industri games dan industri fintech. “Semoga event ini dapat menjadi wadah yang memfasilitasi para gamer dan mendorong jiwa kompetisi yang sehat,” kata Dandit.

Sementara Angelika Putri, S.I.Kom selaku Pendiri dan Sekjen Asosiasi Payment Gateway Indonesia/ APGI menyatakan, IGX 2024 ini merupakan platform yang luar biasa untuk menghubungkan berbagai pemangku kepentingan dalam industri game dan payment gateway. “Kami berharap melalui acara ini, inovasi di bidang pembayaran digital dapat semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi ekosistem game di Indonesia," ujar Angel.

Pada awal kegiatan ini, dari perusahaan Masterdata & Digitalife, Andi Tanudiredja bersama Hendri Andrigo Sutanto memaparkan dengan jelas secara bergantian tentang potensi besar industri game di Indonesia.

Baca juga: Menteri PPPA Dorong Pemberdayaan Perempuan Warga Binaan Lewat Pelatihan Keterampilan

Hendri menerangkan, IGX 2024 menghadirkan berbagai kegiatan menarik, termasuk Esport Tournament untuk game PC seperti Ayodance, Point Blank, dan Valorant serta game mobile seperti Free Fire, MLBB, dan PUBGM. “Termasuk Game Dev & Publisher Showcase, Hardware Showcase, Seminars, Telecom & Payment Gateway Showcase, Virtual Reality, Simulators, Robotics, Cosplay & Community Event,” bebernya.

Sementara itu, selain APTIKNAS, IGX 2024 juga didukung oleh asosiasi PB Esi dan APGI, serta memperoleh dukungan Official Marketplace dari Blibli dan Official Fintech oleh Finpay.

Tak kalah menarik, event nasional ini turut mendapat dukungan sponsor antara lain; Lexar, MSI, Cobe Gaming, Sades, Philips, Nemesis, Enermax, HYTE, Paradox Gaming, Be Quiet, Bit Defender, Langame, SteelSeries, Thrusmaster, lalu Taiwan Excellence Sponsored by: Aver, Acer, Republic Of Gamers, Cooler Master, Microtek, Thermaltake, TeamGroup, Gigabyte, Aorus, Benq, dan Mobiuz.

Baca juga: Presiden Jokowi: Saya Tidak Sempurna, Saya Manusia Biasa

Termasuk memperoleh dukungan penuh dari produk Game yaitu; Pointblank, Audition AyoDance, Line Getrich, Venba, Smashing Feathers, Valorant, PUBGM, MLBB, Free Fire, Caliber, serta dukungan dari Game Developer & Publisher antara lain; Linegame, Megaxus, Zepetto, Spirits, Playport, DNA, 1C Game Studios, Wonder Siblings

Tidak terkeculai didukung pula oleh Media Partner yaitu Dunia Games, Esport.id, KotakGame, Ligagame Esport, Metaco, Info Tourney, Gamerslife.id, Gameholic.id, Bindo.id, Biskom, Hyperbit, Futureloka, Gawai.com dan Gamingland, dan Guetilang.

Andi juga menuturkan, acara yang diselenggarakan oleh Digitalife ini akan memastikan setiap aspek dari IGX 2024 memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh pengunjung dan peserta. “Menariknya dengan segala persiapan dan dukungan yang luar biasa ini, IGX 2024 siap menjadi acara game terbesar dan paling dinantikan di Indonesia,” pungkas Andi.

Baca juga: Bulan Bhakti Pramuka 2024 Digelar, Benyamin Sampaikan Dukungan Pemkot Tangsel Terhadap Gerakan Kepramukaan

Ia pun berpesan agar masyarakat pencinta game untuk jangan sampai terlewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari sejarah baru dunia game di Indonesia.