Helo Indonesia

Kelebihan Jaringan 6G, Internetan Makin Melesat !

Malda - Teknologi
Rabu, 24 Juli 2024 13:12
    Bagikan  
Foto
viva.co.id

Foto - Jaringan 6G

HELOINDONESIA.COM - Jaringan 3G kini sudah terlupakan dan kini masyarakat sudah beralih ke  jaringan 4G meskipun sebenarnya sudah ada teknologi 5G yang digunakan pada hp-hp yang dirilis di Indonesia tetapi yang masih digunakan saat ini adalah teknologi 4G.

5G saja belum banyak digunakan tetapi saking pesatnya teknologi berkembang dan kebutuhan akan internet semaking penting karena saat ini hp sudah seperti kebutuhan primerkini sudah ada rumor kehadiran jaringan 6G.

Perusahaan-perusahaan elektronik besar dunia, seperti Apple, Samsung dll sedang mempersiapkan menuju ke jaringan 6G.

Baca juga: Itel S23plus Hp Murah Tetapi Spek Dewa, Harganya Rp 1 Jutaan Saja ! Cocok Untuk Para Gamer

Bahkan negara maju seperti, Amerika Serikat, China, Jepang dan Korea Selatan diperkirakan akan siap menggunakan jaringan 6G pad tahun 2030 mendatang.

Bahkan Korsel cukup percaya diri akan meluncurkan jaringan 6G pada tahun 2028. Hal ini bertujuan untuk untuk memperkuat rantai pasokan jaringan dan perangkat lunak.

Awal 2023 lalu, Kementerian Ilmu Pengetahuan dan TIK Korsel juga sedang melakukan studi kelayakan untuk proyek penelitian dan pengembangan teknologi inti 6G senilai Rp730 miliar.

Jaringan 6G tentu memiliki kecepatan dan efisiensi lebih baik dari jaringan di bawahnya. Lalu, Jaringan 6G juga mampu  menyediakan kapasitas yang lebih tinggi dengan latensi yang jauh lebih rendah ketimbang 4G atau 5G.

Baca juga: Lucu Banget ! Samsung Galaxy Z Flip6 Ada Edisi Spesial Doraemon

Akankah jaringan 6G juga siap diluncurkan di Indonesia tahun 2030? Kita nantikan saja ya, pasalnya di Indonesia sendiri pemerataan jaringan 5G juga masih belum tuntas, apalagi 6G.

Kemudian juga pemeritntah harus melalui banyak tantangan mulai dari ketersedian frekuensi radio yang tidak cukup, keamanan jaringan, dan invesitasi besar untuk membangun jaringan 6G.

Tapi kita doakan saja semoga Tanah Air kit aini bisa meluncurkan juga jaringan 6G agar internetan maskin ngebut dan sat set !

Baca juga: Viral ! Loker Jadi Kera Sakti, Gaji Rp 13 Juta per Bulan dan Dapat Makan Pisang Serta Apel Gratis Dari Pengunjung