Helo Indonesia

Tim PKM USM Sosialisasikan Teknologi Pengolahan Daging ke Siswa SMA Muhammadiyah 4 Kendal

Ajie - Teknologi
Senin, 6 Mei 2024 09:30
    Bagikan  
Tim PKM USM Sosialisasikan  Teknologi Pengolahan Daging ke Siswa SMA Muhammadiyah 4 Kendal

Tim PKM THP-FTP berpose bersama siswa SMA Muhammadiyah 4 Kendal

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (PKM THP-FTP) Universitas Semarang (USM) menggelar Sosialisasi Peranan Teknologi Pengolahan Daging dalam Mempertahankan Mutu dan Keamanan Pangan di SMA Muhammadiyah 4 Kendal pada 29 April 2024.

Kegiatan ini didanai oleh Universitas Semarang (USM) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), dan diikuti oleh siswa-siswi kelas XI.

Baca juga: Voli Proliga: Jakarta LaVani Allo Bank Tekuk Bhayangkara Presisi, Permainan Renan Dipuji

Tim PkM USM terdiri atas Ketua C Hari Wibowo SPt MP, anggota Dr Iswoyo SPt MP, dan Devy Angga Gunantar SPd MHum. Dalam kegiatannya, mereka dibantu dua mahasiswa USM mengedukasi para siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kendal agar mampu mengenali makanan yang benar-benar aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Pada kesempatan ini, Hari Wibowo memberikan materi terkait dengan pengolahan daging unggas dari ayam, bebek dan sejenisnya.

Sedangkan Iswoyo memfokuskan materi sosialisasi pada keamanan pangan khususnya pada teknologi pengolahan daging sapi dan domba baik dalam pemilihan daging mentah yang akan dikonsumsi, proses pengolahannya, dan proses penyajian dan metode pemasakannya.

Bahasa Inggris

Selain itu Devy Angga Gunantar juga memberikan pengetahuan dan pelatihan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi secara sederhana dalam berbahasa Inggris.

Baca juga: Kebijakan ‘Zero Delta Q’ Jadi Gagasan Indonesia di World Water Forum ke-10

Menurut Angga, Bahasa Inggris dinilai sangat penting diajarkan untuk anak usia muda sebagai bekal mereka dalam berkomunikasi dan bersaing di dunia global.

Kepala sekolah SMA Muhammadiyah 4 Kendal, Siti Rofingah, SPdI berharap, kegiatan semacam ini akan terus bisa terjalin dan berkelanjutan dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada anak-anak didiknya.

''Saya menyambut dengan senang hati dan saya berharap kerja sama ini bisa ditindaklajuti dengan adanya MOU terkait kegiatan PKM dan Penerimaan Mahasiswa Baru,'' tuturnya.

Selain Kepala Sekolah, ada juga ibu-ibu guru yang turut mendampingi selama berlangsungnya kegiatan PKM ini, di antaranya ibu Kurnia M selaku Waka Kurikulum dan Ibu Sunarmi MSi. (Aji)