Helo Indonesia

Ambil Tele Tustel Tuamu, Perkuat Foto HP 400 Kali Lipat

Herman Batin Mangku - Teknologi
Sabtu, 3 Februari 2024 14:23
    Bagikan  
TELE
Helo Lampung

TELE - Anshori Djausal saat menyiapkan HP dan tele (Foto BBM/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Anshori Djausal terus menggelinding dengan sejuta kreativitasnya. Kali ini, dia memanfaatkan tele tustel yang sudah ketinggalan zaman buat memperkuat foto digital via handphone (HP).

Berawal, katanya, tak sengaja melihat beberapa tele tustel puluhan tahun lalu koleksinya yang sudah lama tak tersentuh digilas cepatnya teknologi telepon genggam yang dilengkapi tustel yang makin canggih.

Muncul kreativitasnya, tele-tele yang sudah nganggur bertahun-tahun tersebut dibuatkannya adoptor dari paralon lalu pakai penjepit telepon genggam jadilah HP yang mampu memotret hingga 400 kali lipat dari kemampuan telepon genggamnya.

Usai acara pemeringkatan Prasasti Cagar Budaya Batu Bedil di Kabupaten Tanggamus, Rabu (31/1/2024), dia praktekan cara kerja dan hasilnya. Daun pohon pisang yang berjarak ratusan meter, bisa dipotret pakai HP dengan bantuan tele tua tersebut.

"Inspirasi saja, bagi yang menyimpan tele, bisa memanfaatkannya untuk pengembilan foto-foto jarak jauh dengan HP," katanya kepada Helo Lampung. Dia menyarankan pakai tripod agar pengambilan gambarnya tak goyang.

Tak hanya kali ini, Anshori Djausal memodif teknologi. Saat belum ada drone, dengan bantuan layang-layang, pakar ferosemen ini memanfaatkannya buat foto udara dari atas. Hasil gambarnya, sama dengan drone saat ini.

Hanya, kata dia, drone lebih praktis. Anshori Djausal hanya menginspirasi saja, benda yang sudah mulai ketinggalan zaman tetap bisa dimanfaatkan dengan sentuhan kreativitas yang murah-meriah. Ayooo, ambil tele tuamu. (HBM)