Helo Indonesia

Perkuat Platform IoT, Xiaomi Vela Kini Sudah Open Source untuk Digunakan

M. Haikal - Teknologi
Sabtu, 18 November 2023 15:18
    Bagikan  
Xiaomi,
Foto: tangkapan layar

Xiaomi, - Xiaomi Vela akan memainkan peran penting dalam membentuk masa depan teknologi IoT.

HELOINDONESIA.COM - Untuk memperkuat posisinya di industri Internet of Things (IoT), Xiaomi secara resmi meluncurkan platform perangkat lunak IoTnya, Xiaomi Vela.

Peluncuran itu dilakukan bersamaan dengan  Konferensi Mitra Ekologis IoT 2023. 

Platform perangkat lunak tersebut pertama kali diumumkan pada tahun 2020, tetapi sekarang menjadi open source. 

Pendiri dan presiden Xiaomi Group, Lu Weibing, dan Zeng Xuezhong, wakil presiden senior dan presiden departemen telepon seluler Xiaomi Group, menyampaikan pengumuman tersebut dalam pidatonya.

Baca juga: Muhammad Ridho Diusulkan Jadi Ketua Umum FPTI

Jika dibandingkan dengan Linux, Xiaomi Vela membutuhkan sumber daya sistem yang lebih sedikit.

Dalam presentasinya yang berjudul "Bagaimana Membangun Ekosistem Internet of Things yang Berkembang", Zeng Xuezhong mengungkapkan bahwa sistem Vela, yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi, sekarang tersedia sebagai sumber terbuka untuk pengembang perangkat lunak dan perangkat keras di seluruh dunia, dengan lisensi sumber terbuka Apache 2.0. 

Hal Ini memungkinkan pengembang di seluruh dunia untuk memanfaatkan dan berkontribusi pada platform perangkat lunak tertanam IoT yang inovatif ini.

Baca juga: Bawaslu Terima 23 Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu dan 3 Pelanggaran Netralitas PJ Bupati

Xiaomi Vela dibangun pada sistem operasi real-time open-source NuttX, menyediakan layanan perangkat lunak terpadu di berbagai platform perangkat keras IoT. 

Platform ini menonjol karena memiliki komponen yang kaya dan kerangka kerja yang mudah digunakan untuk mengatasi skenario aplikasi IoT yang terfragmentasi. 

Selain itu, Xiaomi Vela juga memiliki kinerja dan fungsionalitas yang sebanding dengan Linux.

Pengembang yang memilih Xiaomi Vela dapat menikmati peningkatan kinerja produk dan biaya perangkat keras yang lebih rendah. Pustaka dan komponen sumber terbuka yang ada di platform Linux dapat diporting dengan mudah ke Xiaomi Vela berkat kompatibilitas antarmuka POSIX.

Baca juga: Melon Music Awards 2023 Umumkan Nominasi Penghargaan, Cek Idolamu Disini!

Di bawah kepemimpinan Fan Dian, Xiaomi Vela adalah platform yang bertujuan untuk mendorong kolaborasi pengembang di berbagai platform Internet of Things (IoT). 

Platform ini, yang sudah mencakup jam tangan pintar, pelacak kebugaran, dan speaker pintar, siap menyambut peralatan rumah tangga pintar, ISP kamera, dan sensor lainnya di masa depan. 

Xiaomi Vela akan memainkan peran penting dalam membentuk masa depan teknologi IoT.

Bagaimana menurut kalian inovasi dari Xiaomi ini, sangat menarik bukan?


Tags
Xiaomi