Helo Indonesia

Spesifikasi Snapdragon 8 Gen 3 Bocor, Diduga Miliki Kemampuan AI Sangat Kuat dan Signifikan

M. Haikal - Teknologi
Selasa, 24 Oktober 2023 18:01
    Bagikan  
Snapdragon 8 gen 3,
Foto: tangkapan layar

Snapdragon 8 gen 3, - Snapdragon 8 gen 3 memiliki kecepatan hingga 3,3 GHz, sedangkan inti performa dan efisiensi akan memiliki kecepatan hingga 3,2 GHz dan 2,3 GHz, masing-masing.

HELOINDONESIA.COM - Bocoran baru mengungkapkan spesifikasi lengkap prosesor Snapdragon 8 Gen 3 sebelumnya, meskipun Qualcomm diperkirakan akan mengumumkan chip Snapdragon generasi berikutnya pada KTT Snapdragon tahunan besok.

Menurut bocoran materi pemasaran yang diperoleh MSPoweruser, sistem berbasis chip baru ini akan menawarkan berbagai fitur AI baru dan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan Snapdragon 8 Gen 2 saat ini.

Pertama, ia akan memiliki konfigurasi inti 1+5+2 dengan satu inti utama, lima inti kinerja, dan dua inti efisiensi.

Baca juga: Mempermudah Para Penggunanya untuk Menikmati Konten, Youtube Luncurkan Sejumlah Fitur Terbaru

Inti utama akan memiliki kecepatan hingga 3,3 GHz, sedangkan inti performa dan efisiensi akan memiliki kecepatan hingga 3,2 GHz dan 2,3 GHz, masing-masing.

Perangkat ini akan dilengkapi dengan GPU Adreno 750 baru, yang memiliki kekuatan 50% lebih besar dari Adreno 740 saat ini.

Demikian pula, chip tersebut akan memiliki prosesor saraf Hexagon (NPU) yang ditingkatkan, yang dikatakan 98% lebih cepat dan 40% lebih efisien.

NPU yang ditingkatkan ini akan mengaktifkan berbagai fitur AI pada Snapdragon 8 Gen 3, seperti memperluas foto, menghilangkan objek dari video dan menghasilkan latar belakang AI.

Baca juga: Dibekali Sensor Ganda Starvis 2 dan Resolusi 4K, Kamera Dashboard Vofo A229 Pro Bikin Mobil Makin Aman

Menariknya, materi yang bocor mengungkapkan bahwa chip tersebut juga akan mampu menjalankan model AI seperti Stable Diffusion dan Meta Llama 2.

Untuk game, Snapdragon 8 Gen 3 akan memiliki fitur canggih seperti sistem refleksi cahaya generasi berikutnya yang memungkinkan penerangan global melalui ray tracing, serta kemampuan untuk menjalankan permainan dengan 240 FPS dan grafis berkualitas tinggi hingga resolusi 8K.

Bagaimana menurut kalian tentang rumor yang satu ini?