Helo Indonesia

Atasi Ketergantungan pada Vendor Pihak Ketiga, OpenAI Akan Membuat Chip Sendiri

Jumadi - Teknologi
Sabtu, 14 Oktober 2023 16:55
    Bagikan  
OpenAI
screenshot of youtube

OpenAI - OpenAI akan membuat chip sendiri

HELOINDONESIA.COM - OpenAI, Laboratorium penelitian kecerdasan buatan terkemuka, secara aktif mempertimbangkan untuk melakukan pengembangan chip AI miliknya sendiri.

CEO Sam Altman, menekankan pentingnya mengurangi ketergantungan pada vendor pihak ketiga, terutama Nvidia sebagai pemasok utama GPU OpenAI.

Bahkan hingga saat ini, telah menetapkan pembelian chip AI canggih sebagai prioritas.

Ketidakmampuan prosesor berkinerja tinggi telah meningkatkan biaya, oleh karena itu OpenAI sedang mempertimbangkan membuat chip AI sendiri, bekerja sama dengan pembuat chip yang sudah ada seperti Nvidia, dan mendiversifikasi basis pemasoknya di luar Nvidia.

Baca juga: Rektor Unimus Sebut Mbak Ita Pemimpin dengan Kinerja Cekatan

Mengambil inspirasi dari akuisisi Amazon Annapurna Labs pada tahun 2015, OpenAI bahkan berpikir untuk mengakuisisi perusahaan pembuat chip AI yang sudah ada.

Namun, perusahaan tersebut menghadapi masalah besar.

Seperti yang ditunjukkan oleh perjuangan yang dihadapi oleh raksasa teknologi lain dalam proyek serupa, membuat chip AI khusus adalah proses yang rumit, mahal, dan tidak yakin keberhasilannya.

Setelah peluncuran ChatGPT, permintaan chip AI khusus meningkat, yang membutuhkan akselerator AI khusus untuk pelatihan dan pengoperasian teknologi AI generatif.

Oleh karena itu, OpenAI berada di titik persimpangan penting dalam mempertimbangkan manfaat integrasi vertikal dibandingkan dengan risiko dan ketidakpastian yang terkait dengan pengembangan chip internal.

Sangat penting untuk dicatat bahwa, sebagai salah satu pendukung utama OpenAI, Microsoft telah berpartisipasi dalam persaingan untuk mengembangkan chip AI khusus yang saat ini sedang diuji oleh OpenAI.

Baca juga: Canggihnya Kamera Hybrid Leica Sofort 2, Dapat Mencetak Foto dari Ponsel Secara Langsung

Tindakan ini menunjukkan potensi perbedaan yang akan terjadi antara kedua perusahaan teknologi saat OpenAI mencari solusi alternatif.

Hingga saat ini, OpenAI belum membuat keputusan apakah akan melanjutkan pembuatan chip AI khusus atau tidak.

Jika ini terjadi, akan membutuhkan waktu bertahun-tahun dan banyak penelitian dan investasi.

Keputusan ini kemungkinan besar akan membentuk lanskap teknologi AI di masa depan, yang akan memengaruhi operasi OpenAI sendiri dan industri yang lebih luas.

Bagaimana menurut kalian? Pasti akan semakin banyak chip AI kedepannya yang nantinya akan kita temui di berbagai tempat.

Tags
OpenAI