Mengejutkan, Skotlandia Hajar Spanyol 2-0 dengan Gol Diborong McTominay

Rabu, 29 Maret 2023 08:42
Scott McTominay dari Skotlandia, kiri, merayakan dengan rekan setimnya Kieran Tierney.(Foto: Scott Heppell AP/marca)

SKOTLANDIA ? Hasil laga yang mengejutkan. Di luar dugaan tuan rumah Skotlandia menghajar Spanyol 2-0, di di Hampden Park, Rabu dini hari, dalam kualifikasi Piala Eropa 2024 yang akan digelar di Jerman.

Ini menjadi kemenangan yang tak terlupakan Skotlandia, karena mengalahkan juara Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan silam. Ini sekaligus hasil buruk bari pelatih baru  Spanyol Luis de la Fuente, kalah dalam pertandingan tandang pertamanya yang bertanggung jawab atas La Roja.

Dua gol diborong  gelandang Manchester United Scott McTominay sudah cukup untuk melihat tim tuan rumah menang berkat gol awal di setiap babak di Hampden Park.

De la Fuente melakukan delapan perubahan pada tim Spanyol yang mengalahkan Norwegia di Malaga pada hari Sabtu, dengan pelatih Skotlandia Steve Clarke menurunkan susunan pemain terkuatnya.

Spanyol tertegun setelah hanya enam menit karena McTominay yang memecah kebuntuan dengan tembakan rendah di dalam kotak penalti.

Pemain Liverpool Andrew Robertson menekan Pedro Porro tinggi dan memenangkan penguasaan bola di tepi kotak penalti, membuat Spanyol rentan saat ia memotong bola.

Tembakan McTominay bukan yang paling kuat tetapi menemukan jalan ke belakang jaring saat menggeliat melalui lengan Kepa, dengan penjaga gawang Chelsea tidak dapat mengulangi clean sheet yang dia pertahankan melawan Norwegia pada Sabtu malam.

McTominay menyerang lagi

Di awal babak kedua, Skotlandia kembali memulai dengan lebih baik dari kedua tim, tanpa masalah menyerap dominasi penguasaan bola Spanyol.

Sekali lagi enam menit memasuki babak kedua, Spanyol gagal menyapu umpan silang ke dalam kotak dan saat menjatuhkannya jatuh ke McTominay yang berlari dari dalam.

Kali ini, usahanya berupa tembakan keras ke pojok bawah yang membuat Kepa tidak memiliki peluang untuk menggagalkan sang gelandang.

Dengan hasil kemenangan atas Spanyol ini, Skotlandia menjadi yang teratas klasemen grup. Spanyol melakukan segalanya di Skotlandia, tetapi seperti melawan Maroko di Piala Dunia Qatar 2022, keberadaannya bagai tidak diperhitungkan dan mereka tidak dapat menemukan jalan keluar.

Skor akhir 2-0 membuat Skotlandia menjadi pemimpin grup yang mengejutkan dengan enam poin dalam perburuan kualifikasi Euro 2024 di Jerman.

Spanyol duduk di belakang mereka dengan tiga poin, dengan Norwegia dan Georgia di posisi ketiga dan keempat setelah seri. (*)

(A Winoto)

Berita Terkini