Usai El Clasiso, Ancelotti Tak Puas Gol Asensio Dianulir, Permasalahkan VAR Tidak Benar

Senin, 20 Maret 2023 10:20
Kewtegangan para pemain Barcelona dan Real Madrid saat laga El Clasico. (Foto: Enric Fontcuberta EFE/ di MArca)

SPANYOL - Gol Frank Kessie di menit akhir membuat Barcelona meraih kemenangan dramatis di El Clasico dengan mengalahkan Real madrid 2-1,  dan membuat mereka memegang kendali penuh atas perburuan gelar LaLiga.

Tim asuhan Xavi Hernandez unggul 12 poin dari rival terbesar mereka, Real Madrid,  dengan 12 pertandingan tersisa dan akan membutuhkan keruntuhan yang monumental Barca untuk menghindari dinobatkan sebagai juara Spanyol untuk ke-27 kalinya.

Atas kekalahan ini, pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti mengaku sedih dan menyakitkan, namun bangga. Ancelotti tidak bisa menerima kekalahan ini, Ia mengaku Real Madrid tak pantas menerima kekalahan, dan dia mempermasalahkan VAR.

?Kami sedih, ini menyakitkan tapi kami bangga dengan penampilan yang kami tampilkan", kata sang pelatih.

Carlo Ancelotti muncul di ruang media Camp Nou setelah Cl?sico pada matchday 26 LaLiga: "Kami semakin jauh dari sebelumnya. Dan sekarang bahkan lebih sulit tetapi kami akan memberikan segalanya sampai pertandingan terakhir,? ujar Ancelotti dalam jumpa pers usai laga.

?Kami tidak melakukannya' jujur ??saja, kami tidak pantas menerima kekalahan itu. Kami mencoba segalanya, kami bermain bagus dan akhirnya mencetak gol. Pertandingan dimenangka," ujanya seperti ditulis lama resmi klub itu.

?Kami sedih, ini menyakitkan tapi kami bangga dengan performa yang kami tampilkan. Itu adalah penampilan yang lengkap dari menit pertama hingga terakhir. Kami belum memenangkannya karena off-side yang sangat diragukan dan kami akan kembali ke Madrid dengan keraguan itu masih ada di benak kami?.

Dengan kekalahan ini, dan angka berjarak makin jauh dengan Barcelona, maka diperkirakan Real Madrid tidak lagi memprioritaskan gelar juara LaLiga. Namun, Ancelotti menyatakan, akan berjuang sampai akhir di setiap kompetisi, dan tetao penuh percaya diri. 

?Prioritas kami adalah mempersiapkan diri dengan baik untuk setiap pertandingan. Itulah satu-satunya cara untuk menyelesaikan musim dengan kuat. Saya pulang dari pertandingan ini dengan perasaan sangat bangga dengan tim saya. Performa dan perubahan yang dilakukan pelatih sangat bagus. Kami akan berjuang sampai akhir di setiap kompetisi, kami penuh percaya diri. Kami akan berjuang untuk Liga sampai akhir,? tuturnya.

Masalah penggantian pemain saat laga El Clasico itu, menjadi sorotan juga. Namun, Ancelotti menyatakan. pergantian pemain tidak mengubah sistemnya.

?Saya mengganti Nacho karena dia memiliki kartu dan saya memasukkan Rodrygo untuk memiliki kemampuan teknis yang lebih tinggi. Kemudian saya membuat tiga lagi untuk membawa energi segar ke tim. Perubahan itu memberi kami tumpangan. Setelah babak pertama yang bagus, saya pikir tampaknya konyol untuk mengubah banyak hal. Membuat lima perubahan di menit ke-60 agak aneh?.

Ia mengatakan, setelah Piala Super, pihaknya sempat memiliki keraguan, tetapi tidak hari ini. ?Kami bermain sangat baik. Mereka memiliki kontrol dan kami juga. Itu seimbang. Pertandingan ini dimenangkan dan kalah dengan detail kecil," ujar Ancelotti.

Permasalahkan VAR

Real Madrid sebenarnya sempat unggul setelah Asensio mencetak gol. Sebelumya, untuk memperbaiki serangan, Ancelotti mencari inspirasi berupa bala bantuan menyerang yang segar. Rodrygo dan Asensio sama-sama masuki untuk menawarkan lebih banyak kreativitas kepada Los Blancos.

Keputusan Ancelotti  itu terbayar saat Asensio mencetak gol untuk tim Madrid di menit ke-81. Penyerang Spanyol itu menyambut umpan silang Dani Carvajal dan membua unggul.

Namun, pemeriksaan VAR menganggap Asensio sedikit offside dan papan skor kembali menjadi 1-1, memberi Azulgrana garis hidup.

Ancelotti menyoroti pemeriksaan VAR, dia tak puas gol Asensio dianulir. Bahkan dia tidak percaya dengan pemeriksaan VAR, ia menilai pemeriksaan itu dilakukan tidak dengan benar. Itu karena gol Asensio dianulir setelah ada pemeriksaan VAR.

"Setelah Piala Dunia semuanya cukup jelas dengan offside semi-otomatis, tapi saya tidak yakin sekarang. Jika VAR melakukannya dengan benar, itu akan lebih baik".

Ada yang menilai, Real Madrid kurang konsistensi di LaLiga, Ancelotti beralasan pada bulan Januari lalu mendapatkan kondisi pemarin yang kurang segar, sejumlah pemain inti cedera.

?Sangat sulit bagi kami di bulan Januari karena kami berjuang untuk mendapatkan kondisi yang baik setelah Piala Dunia. Kami melakukannya dengan sangat baik sekarang dan kami akan menyelesaikan musim ini dengan baik?.

Akan halnua penampilan Vinicius Jr, dia memujinya. Dia bermain sangat baik. "Dia tampil luar biasa hari ini. Dia bermain sangat baik, dia banyak melawan mereka, dia memenangkan duel ... Penampilannya sangat bagus,? ujar Ancelotti. (*)

(A Winoto)

 

Berita Terkini