Liga Ingrris 2024: Southampton 0-3 Manhester United

Sabtu, 14 September 2024 20:51
Rashford bermain apik Instagram

HELOINDONESIA.COM - Manchester United tampil tenang, kalem, dan fokus saat mereka mengamankan kemenangan tandang nyaman 3-0 atas Southampton yang baru saja promosi.

Usai mengalami kekalahan kedua berturut-turut sebelum jeda internasional, Man United sangat membutuhkan tiga poin untuk memulihkan kepercayaan para pendukungnya, terutama mengingat meningkatnya rasa frustrasi yang ditujukan kepada manajer Erik ten Hag.

Tim yang baru dipromosikan itu tampaknya lebih berpeluang mencetak gol sejak awal, dengan Tyler Tibling yang berhasil melewati Diogo Dalot dan Lisandro Martinez untuk melepaskan tembakan yang melesat ke tiang jauh. Hanya penyelamatan penuh dari Andre Onana yang membuat pertandingan tetap imbang tanpa gol.

15 menit kemudian, United akhirnya memperoleh peluang mencetak gol pertama mereka ketika Bruno Fernandes mengirim umpan terobosan kepada Amad Diallo di kotak penalti. Amad mengoper bola kepada Christian Eriksen, yang mengoper bola kepada Joshua Zirkzee di tengah. Sementara Zirkzee berhasil maju dan menyambut bola, tendangannya berhasil ditepis oleh Aaron Ramsdale.

Tak lama kemudian, United mendapat tendangan sudut, melalui tendangan voli luar biasa dari Noussair Mazraoui di luar kotak penalti yang memaksa kiper Southampton melakukan penyelamatan lagi.

Pada menit ke-21, Southampton kembali unggul, dengan Kyle Walker-Peters mengirimkan umpan silang mengancam ke kotak penalti yang dengan tenang ditangkap Onana.

Tak lama kemudian, giliran Tibling yang kembali menyiksa pertahanan United, menggiring bola melewati Dalot dan membuat Martinez terpaku di tempatnya saat ia melepaskan umpan silang. Untungnya, Matthijs de Ligt yang sigap berhasil menepis bola keluar dari bahaya.

Setelah dijatuhkan, Kobbie Mainoo mendapat kartu kuning setelah ia menyentuh bola dengan tangannya. Ia harus waspada untuk menghindari kartu merah.

Pada menit ke-27, United hampir kebobolan dari tendangan sudut ketika sundulan Lesley Ugochukwu yang tidak terkawal melambung di atas mistar gawang. Lini belakang United harus lebih waspada untuk menjaga gawangnya tetap bersih.

Pada menit ke-30, Dalot menjatuhkan kedua kaki Dibling di dalam kotak penalti, sehingga Southampton mendapat penalti. Cameron Archer berhasil menguasai bola, tetapi Onana melakukan penyelamatan gemilang dengan melompat ke sudut kanan bawah gawang untuk menepis tembakan Archer. Saat bola memantul kembali ke Archer, sundulannya berhasil ditepis dengan mudah oleh kiper United.

Beberapa saat kemudian, United yang bersemangat menyerbu ke lapangan, dengan Zirkzee melakukan tendangan jarak jauh yang oportunis namun ditepis oleh kiper menjadi tendangan sudut.

Kemudian, keajaiban terjadi. Eriksen memberikan umpan sudut pendek kepada Fernandes, yang umpan silangnya disambut

Baca juga: Liga Inggris 2024: Alan Shearer Anggap MU Biasa-biasa Saja, Jagokan Southampton

Dengan lima menit tersisa di babak pertama, Rashford melakukan serangan balik, melepaskan tembakan yang ditepis Ramsdale menjadi tendangan sudut.

Eriksen kemudian melepaskan umpan silang yang terlalu dalam untuk disambar pemain United di kotak penalti. Amad menguasai bola di dekat tepi kotak penalti, mengopernya ke Rashford yang mengopernya ke kaki kanannya dan melepaskan tendangan melengkung yang mengecoh kiper dan menggandakan keunggulan United. Itu adalah upaya spektakuler dari Rashford yang diharapkan akan menjadi titik balik bagi pemain tersebut setelah periode penampilan buruk yang berkepanjangan.

Beberapa saat kemudian, United nyaris mencetak gol ketiga, ketika tembakan De Ligt diblok dari jarak dekat.

United bangkit setelah setengah jam pertama ketika tuan rumah mendominasi jalannya pertandingan. Namun, tim Ten Hag harus tetap fokus jika ingin mempertahankan keunggulan di babak kedua.

Saat United bangkit untuk babak kedua, mereka tampak menjadi tim yang lebih bersemangat, menyerbu lapangan lewat serangan balik namun upaya Zirkzee melebar.

Rashford melepaskan tendangan jarak dekat ke atas gawang beberapa saat kemudian, sementara Zirkzee memberikan umpan kepada Mazraoui dalam serangan berikutnya, tetapi tendangannya yang diblok berhasil ditepis oleh Ramsdale. United tampak jauh lebih percaya diri selama menit-menit awal babak kedua dibandingkan dengan sebagian besar 45 menit pertama.

Baca juga: Jungkook BTS Diduga Mendukung NewJeans Terkait HYBE

Eriksen mendapat kartu kuning pada menit ke-57 karena memegang kaus Mateus Fernandes. Pada tahap ini, penggemar United pasti bertanya-tanya kapan pemain baru Manuel Ugarte akan diturunkan untuk debutnya.

Pada menit ke-60, Rashford melepaskan tembakan keras dari jarak jauh yang ditepis Ramsdale dan menghasilkan tendangan sudut. Jelas, kepercayaan diri Rashford meningkat sejak golnya.

Dengan sisa waktu 22 menit, Fernandes mendapat kartu kuning dari wasit karena memberikan umpan silang setelah bola keluar lapangan. Sementara kapten United itu memprotes keputusan tersebut, wasit tidak menunjukkan minat untuk membatalkan keputusannya. Ia tampaknya telah mengambil sikap yang sangat keras terhadap United, dengan tiga pemain menerima kartu kuning ringan.

Pada menit ke-72, momen yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar United pun tiba. Pemain debutan Manuel Ugarte masuk menggantikan Eriksen yang tampak lelah, sementara Alejandro Garnacho dan Harry Maguire masing-masing menggantikan Rashford dan Mazraoui.

Beberapa saat setelah masuk, Maguire melanjutkan permainan setelah seorang pemain Southampton pingsan. Kartu kuning aneh lainnya dari wasit.

Setelah mengalami ketidaknyamanan fisik, Martinez digantikan oleh Jonny Evans. United tentu akan khawatir dengan cedera yang dialami bek tengah bintang mereka itu.

Dengan waktu tersisa 12 menit, Jack Stephens dari Southampton menerima kartu merah karena melakukan tekel yang tidak hati-hati terhadap Garnacho, yang menyebabkan pemain Argentina itu jatuh ke tanah. Wasit bertindak sangat keras sore ini.

Baca juga: Makanan Sehat Mungkin Menyebabkan Krisis Kanker pada Kaum Muda

Empat menit menjelang akhir pertandingan, pencetak gol De Ligt digantikan oleh Casemiro, yang harus membuktikan kemampuannya setelah penampilannya yang kacau melawan Liverpool sebelum jeda internasional.

Enam menit tambahan waktu diumumkan, memberi United cukup waktu untuk mencetak gol ketiga guna mengubur harapan tuan rumah. Zirkzee menerima bola di tengah kotak penalti, mengoper bola ke kanan, tetapi seorang bek berhasil menjegalnya setelah kiper itu melompat ke arah yang salah.

Saat peluit akhir berbunyi, Dalot memberi umpan kepada Garnacho di tengah, yang tendangannya yang keras berhasil menembus sudut kanan atas gawang. Peluit akhir dibunyikan beberapa detik kemudian, menandai peningkatan signifikan dari dua penampilan United sebelumnya. Semoga, United dapat melanjutkan momentum tersebut saat mereka menghadapi Barnsley di Piala Liga pada Selasa malam.

Starting XI: Onana, Mazraoui, De Ligt, Martinez, Fernandes, Rashford, Zirkzee, Eriksen, Amad, Dalot, Mainoo
Pemain pengganti: Garnacho, Ugarte, Mazraoui, Evans, Casemiro.***

Berita Terkini