Maarten Paes: Dari Kesalahan Menjadi Pahlawan, Debutnya Mendapat Pujian Sejumlah Media

Sabtu, 7 September 2024 20:19
Menggagalkan penalti Istimewa , Vietnam

HELOINDONESIA.COM -Maarten Paes, kiper naturalisasi Indonesia, mendapat banyak pujian setelah membantu Indonesia menahan imbang Arab Saudi 1-1 di babak pembuka Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sejumlah media Indonesia menyoroti penampilannya yang gemilang, terutama saat ia berhasil memblok tendangan penalti Salem Al Dawsari dan beberapa penyelamatan penting lainnya.

Penjaga gawang Belanda dan Indonesia itu menyelesaikan debutnya di timnas dengan 42 sentuhan dan lima penyelamatan termasuk penalti, setelah 18 tembakan dari tim tuan rumah.

Baca juga: WHO: Tidak Ada Hubungan antara Kanker Otak dan Smartphone

Paes berjasa membantu Indonesia bermain imbang melawan Arab Saudi untuk pertama kalinya di turnamen resmi, setelah 11 kekalahan.

Pujian untuk Maarten Paes

Berikut ini pujian yang diberikan oleh sejumlah media di Indonesia

Bola: menggambarkan debut Paes sebagai sangat dramatis dan memuaskan rasa penasaran penonton Indonesia.

CNN Indonesia: memuji Paes dengan menyebut bahwa Paes mengecewakan pelatih Roberto Mancini dengan menggagalkan beberapa peluang bersih Arab Saudi.

ESPN: menyebut Paes sebagai penyelamat yang membantu Indonesia memulai awal yang menjanjikan.

Baca juga: Fakta Ayah Jennie BLACKPINK adalah Penulis Novel yang Kaya Raya

Profil Maarten Paes:

Maarten Paes lahir pada tahun 1998 dan tumbuh dalam sepak bola Belanda. Ia bermain untuk Utrecht dari 2018 hingga 2022 sebelum bergabung dengan klub Amerika, FC Dallas.

Proses naturalisasinya sebagai warga negara Indonesia selesai pada bulan April 2024. Namun, ia sempat tidak bisa bermain karena FIFA menolak perpindahan asosiasi sepak bola dari Belanda ke Indonesia. Setelah PSSI mengajukan banding, FIFA akhirnya menyetujui Paes bermain untuk Indonesia pada Agustus 2024.

Penampilan Paes yang tenang dan percaya diri memberikan rasa nyaman kepada rekan satu timnya, dan ia diharapkan dapat terus menjadi pilar penting bagi tim nasional Indonesia dalam upaya mereka meraih tiket ke Piala Dunia.

Berita Terkini