MIN 1 Kendal Juara KU-10 MilkLife Soccer Challenge Lewat Adu Penalti, Pelatih: Di Luar Ekspektasi

Minggu, 11 Agustus 2024 22:14
Tim sepakbola putri MIN 1 Kendal saat melakukan selebrasi di atas podium usai menjuarai MilkLife Soccer Challenge, dan penampilan dingin kiper MIN 1 Kendal Aina Kamiliasaat adu penalti

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim sepakbola putri Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kendal tampil mengejutkan dengan menjuarai Turnamen Sepakbola Putri ''MilkLife Soccer Challenge'' Series 1 yang berakhir Minggu 11 Agustus 2024 di Stadion Undip, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pada laga final Kategori Usia (KU) 10, MIN 1 Kendal menjadi terbaik setelah mengalahkan SDN Wonotingal Semarang 4-3 lewat babak adu penaltI. Drama adu penalti harus dilaksanakan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 selama 15 X 2 menit.

Sementara di KU 12, SD Muhammadiyah 05 Semarang sukses menjadi kampiun setelah mengatasi perlawan sengit dari SDN Rejosari 01 dengan skor 3-2 (1-1) juga melalui adu penalti.

Baca juga: Semarak HUT Kemerdekaan di RW 21 Sendangmulyo, Arnaz Riuhkan Suasana dengan Main Tebak-tebakan

Menyambut Hari Kemerdekaan ke-79 RI area stadion dipenuhi dengan bendera merah putih. Lebih istimewa lagi, para peserta yang bertanding di hari Minggu (11/8) mengenakan pita merah putih di lengan kanan mereka. Sebelum menggelar pertandingan pertama, calon srikandi sepak bola masa depan juga secara serempak menyanyikan lagu “Hari Merdeka”.

Sementara para orang tua yang mendampingi buah hatinya menuju lapangan sebelum bertanding di laga final, menggunakan atribut bernuansa kemerdekaan.

Duel ketat terjadi di final KU 10, saat MIN 1 Kendal dan SDN Wonotingal Semarang sama-sama membawa spirit untuk menang. Menit kelima, SDN Wonotingal lebih dulu unggul saat tendangan bebas yang dilepaskan Challista Lintang Oktaviane sulit ditepis kiper MIN 1 Kendal, Aina Kamilia.

MIN 1 Kendal yang mayoritas siswa kelas IV itu pun tak menyerah dengan terus melancarkan sepakan cantik. Namun sayangnya peluang itu masih berhasil diredam kiper Khanza Mutia Nindyati.
Memasuki babak kedua, MIN 1 Kendal menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti yang diberikan oleh wasit Fara Nur Oktavia. Tendangan Haura Isna Callysta mampu mengecoh kiper dan bersarang ke gawang.


Kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga babak kedua berakhir, sehingga pemenang KU 10 MilkLife Soccer Challenge - Semarang Series 1 2024 harus ditentukan dalam babak adu pinalti. Sama seperti saat pertandingan, babak penalti pun berjalan alot. Bahkan adu penalti itu hingga dilakukan oleh penendang ke-7, yang sekaligus menjadi sejarah penalti terpanjang pertama dalam turnamen sepak bola putri besutan Bakti Olahraga Djarum Foundation dan MilkLife itu.

Baca juga: Bakal Gelar Aksi Demo, Kesbangpol Kendal Pertemukan Mahasiswa dengan Dinas Terkait

Pelatih MIN Kendal Agus Purwono mengaku terkejut dengan pencapaian pasukannya hingga naik podium teratas. Pasalnya, ketika datang ke Stadion Undip, dia membayangkan akan menghadapi tim-tim tangguh dari Semarang,
''Ini benar-benar di luar ekspektasi. Anak-anak boleh dibilang semua pemula, tapi hasilnya luar biasa. Satu bulan sebelum turnamen, kami latihan tiga kali dalam seminggu,'' ujar Agus.

Sempat Deg-degan

Di bagian lain, sang penentu kemenangan, penjaga gawang MIN 1 Kendal, Aina Kamilia mengaku sempat demam panggung dalam menghadapi babak penentuan kampiun KU 10.

“Awalnya sempat deg-degan takut kalah, apalagi di babak adu pinalti. Tapi aku harus mengalahkan rasa takut itu dan menjadi berani karena banyak guru, teman-teman dan orang tua yang menonton langsung di stadion, jadi kita harus juara. Semoga kita bisa juara lagi di MilkLife Soccer Challenge series selanjutnya,” ucap pemain bernomor punggung 11 itu.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin mengatakan, sebagai kota terakhir, animo di Semarang cukup tinggi dengan diikuti oleh 692 peserta dari 42 Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD). Ia mengapresiasi seluruh siswi yang telah berpeluh keringat selama turnamen berlangsung mulai 8 hingga 11 Agustus.


Senada, Kepala Pelatih MilkLife Soccer Challenge, Timo Scheunemann mengungkapkan, potensi para siswi di perhelatan series 1 mulai bermunculan dan sejumlah nama di setiap kota masuk dalam ‘radar’ tim talent scouting.

Berikut daftar pemenang MilkLife Soccer Challenge – Semarang Series 1 2024:

Kategori Usia 10
Juara : MIN 1 Kendal
Runner-up : SDN Wonotingal
Semifinalis : SDI Al Azhar 14 dan SD Nasima
Top Scorer : Elma Malika Arifi - SDI Al Azhar 14
Haura Isna Callysta (9 gol) - MIN 1 Kendal
Best Player : Elma Malika Arifi - SDI Al Azhar 14
Best Goalkeeper : Khanza Mutia Nindyanti - SDN Wonotingal
Fairplay Team : SDI Al Azhar 14

Kategori Usia 12
Juara : SD Muhammadiyah 05
Runner-up : SDN Rejosari 01
Semifinalis : SDN Sendangmulyo 02 dan SDN Klepu 03
Top Scorer : Alfara Bintang Kurnia - SD Muhammadiyah 05
Khalisa Nabila Putri (9 gol) - SDN Sendangmulyo 02
Best Player : Raeesa Divya Nugraheni - SDIT Bina Insani Semarang A
Best Goalkeeper : Chaila Nur Fadzilla - SDN Krobokan
Fairplay Team : SDN Klepu 03
(Aji)

Berita Terkini