Pemain Bertalenta Muncul pada MilkLife Soccer Challenge 2024, di Semarang Diikuti 692 Siswi

Sabtu, 10 Agustus 2024 21:19
Pemain putri dari MI dan SD di Kota Semarang saat menunjukkan aksinya di ajang MilkLife Soccer Challenge 2024. Foto: Ist

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Gelaran kompetisi sepakbola MilkLife Soccer Challenge 2024 akhirnya menyambangi Kota Semarang, Jawa Tengah. Venetie van Java merupakan destinasi ke-8 perjalanan series pertama setelah dilaksanakan di tujuh kota sebelumnya yaitu Kudus, Surabaya, Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, dan Solo sejak awal tahun ini.

Mulai Kamis (8/8) lalu hingga Minggu (11/8), Stadion Undip Tembalang, Semarang menjadi saksi berkumpulnya 692 siswi dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) maupun Sekolah Dasar (SD) yang beraksi di lapangan hijau.

Baca juga: Karnaval Desa Penyangkringan Kendal, Warga Tampilkan Kreativitas dan Potensi Desa

Dalam turnamen yang digagas oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation bersama MilkLife tersebut, para siswi bertanding dalam kompetisi 7 vs 7 yang terbagi dalam 64 tim di dua kategori usia yakni KU 10 dan KU 12 tahun.

Tak hanya adu kelihaian mencetak gol ke gawang lawan, mereka juga ambil bagian dalam beragam uji ketangkasan atau Skill Challenge yakni dribbling, passing & control, 1 on 1, shoot on target, hingga penalty shoot.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin mengungkapkan, kehadiran MilkLife Soccer Challenge di Semarang merupakan ikhtiar agar roda ekosistem sepak bola putri berputar lebih pesat.

''Pasalnya, ibukota Provinsi Jawa Tengah ini merupakan rumah dari berbagai Sekolah Sepak Bola (SSB) putri. Kota ini juga menjadi home base bagi klub sepak bola elite yang turut memiliki skuad putri, PSIS Women Semarang,'' kata dia dalam keterangannya Sabtu 10 Agustus 2024.

Dia mengatakan, saat berbicara sepak bola putri, kita pasti teringat Semarang. Karena di kota ini ekosistemnya mulai menggeliat. Ada PSIS Women Semarang, lalu ada juga Ratanika Putri yang mulai mendulang prestasi.

Baca juga: Gebyar PKH Kecamatan Sayung 2024 Sukses Berdayakan Masyarakat

''Penyelenggaraan MilkLife Soccer Challenge bertujuan agar ekosistem ini berkembang lebih pesat, diawali dengan menumbuhkan kecintaan terhadap olahraga ini. Untuk itulah, kami menyasar level yang paling dasar, yakni siswi MI dan SD,” ujar Yoppy.
Talenta
Kepala Pelatih MilkLife Soccer Challenge, Timo Scheunemann mengatakan konsistensi berlatih teknik dasar maupun ball mastery sangat penting untuk peningkatan kemampuan masing-masing individu.
Dia bersyukur kegiatan MSC ini mendapatkan support dari dinas pendidikan, kepala sekolah, para guru, para siswa, dan pelatih.

''Saya kira sebuah movement (pergerakan untuk perbaikan). Karena kita mulai kita betul-betul memulai dari bawah. Dan saya kira itu pekerjaan yang amat susah. Visi kita untuk U-10 dan U-12 adalah memasalkan pemain dulu yang bermain. Ke depan mungkin antar-SSB dengan pemain putri. Pembinaan harus jangka panjang,'' tambah mantan asisten pelatih Los Angeles Soccer Club tahun 1999 itu.

Menurut Timo, setelah menyaksikan langsung penampilan di MSC delapan kota, dirinya mengaku telah menemukan talenta yang kelak bisa memperkuat timnas putri Indonesia.

''Banyak potensi yang terlihat, dan di atas ekspektasi saya. Saya sudah tahu, siapa saja yang nantinya berpotensi menjadi calon-calon pemain timnas putri misalnya. Kepada penyelenggara saya katakan, kegiatan ini digelar pada saat yang tepat,'' kata mantan pemain timnas putri Indonesia di 2009 itu.


Berikut daftar pemenang Skill Challenge KU 10 dan KU 12 pada MilkLife Soccer Challenge – Semarang Series 1 2024:

Kelompok Usia 10

Dribbling
Juara : SD Nasima
Runner-up : SDN Wonotingal
Semifinalis : SDN Sendangmulyo 02 dan SDN Klepu 03

Passing & Control
Juara : SDN Wonotingal
Runner-up : SDN Klepu 03
Semifinalis : SDI Al Azhar 29 dan SDN Brumbungan

1 on 1
Juara : SDN Wonotingal
Runner-up : SD Kemala Bhayangkari 04 Akpol
Semifinalis : SD Nasima dan SDI Al Azhar 14

Shoot on Target
Juara : SDN Genuksari 01 A
Runner-up : SDN Genuksari 01 B
Semifinalis : SD Muhammadiyah 05 dan SDN Sendangmulyo 02

Penalty Shoot
Juara : SDI Al Azhar 29
Runner-up : SDN Rejosari 01
Semifinalis : SD Karangturi dan SDN Klepu 03

Kelompok Usia 12

Dribbling
Juara : SDN Sendangmulyo 02
Runner-up : SDN Klepu 03
Semifinalis : SDN Wonotingal dan SDI Tunas Harapan

Passing & Control
Juara : SDN Bugangan 03
Runner-up : SD Muhammadiyah 05
Semifinalis : SDN Sendangmulyo 02 dan SDN Genuksari 01 A

1 on 1
Juara : SDN Sendangmulyo 04
Runner-up : SD Muhammadiyah 05
Semifinalis : SDN Klepu 03 dan SD Kemala Bhayangkari 04 Akpol

Shoot on Target
Juara : SD Nasima
Runner-up : SDI Al Azhar 25 A
Semifinalis : MIN 1 Kendal dan SDN Sendangmulyo 04

Penalty Shoot
Juara : MIN 1 Kendal
Runner-up : SDN Brumbungan
Semifinalis : SD Muhammadiyah 05 dan SDN Kembangarum 2 Semarang
(Aji)

Berita Terkini