Maarten Paes Bisa atau Tidak Jadi Kiper Timnas Indonesia Diputuskan Tanggal 18 Agustus Mendatang

Kamis, 1 Agustus 2024 15:34
Maarten Paes Ofisial FC Dallas

HELOINDONESIA.COM - Tak hanya pada sektor pertahanan, lini tengah dan penyerangan skuad Garuda juga melakukan naturalisasi pada sektor penjaga gawang.

Kiper yang dipilihnyapun tak main-main yaitu Maarten Paes yang membela klub FC Dallas di MLS liga Amerika Serikat.

Tapi sebelum bisa memperkuat Indonesia, Paes harus melalui rangkaian yang panjang meskipun sebenarnya paes sudah menjadi WNI sejak 30 April 2024 lalu.

FIFA masih belum memberikan persetujuan untuk Paes bisa memakai jersey Garuda.

Baca juga: Kevin Diks dan Ole Romeny Akan Dinaturalisasi, Begini Kata PSSI !

Pasalnya, Maarten Paes terganjal Statuta FIFA tentang pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga, yang berbunyi "Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun".

Oleh karena itu Paes harus melalui sidang terlebih dahulu, mengingat PSSI telah membawa kasusnya ke Pengadilan Arbritasi Olahraga itu.

Jadwal sidang CAS Maarten Paes akhirnya keluar, Yunus Nusi (sekjen PSSI) mengonfirmasi jika Paes akan menjalani sidang penentuan apakah dirinya bisa membela timnas Indonesia pada 15 Agustus dan hasil sidang rencananya diumumkan 18 Agustus.

Baca juga: Justin Hubner Resmi Berpisah Dengan Cerezo Osaka, Hubner Minim Bermain dan Merasa Dimanfaatkan ?

Maarten Paes pernah enam kali bermain untuk Timnas Belanda U-21, dan penampilan terakhirnya terjadi dalam usia 22 tahun ketika melawan Timnas Belarusia dalam Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

Apabila sidangnya berjalan positif, maka Maarten Paes kemungkinan dapat debut dengan Timnas Indonesia dalam Putaran Ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia mulai September 2024.

Namun jika gagal, maka asa Paes untuk membela Indonesia bisa gagal.

Baca juga: Justin Hubner Sindir Pemain yang Tiba-tiba Ingin Masuk Timnas, Diks Dengan Emil Audero ?

Berita Terkini