Laga Seru Liverpool vs Manchester United Ancam Ambisi Ten Hag

Jumat, 3 Maret 2023 23:36
Pelatih Manchester United Erik Ten Hag. (Foto: twitter/@ManUtd)

INGGRIS ? Laga paling seru Liga Primer Inggris akan tersaji di Anfield, pada hari Minggu depan ini. Manchester United akan dijamu tuan rumah Liverpool. Laga tuan rumah Liverpool vs Manchester United akan menjadi sorotan. Dibanding musim lalu, kondisinya terbalik.

Musim lalu, Liverpool yang super dan mengejar empat trofi. Tapi tahun ini, Liverpool terseok. Sedangkan tim Manchester United yang diremajakan oleh manajer Erik ten Hag berpeluang meraih empat gelar.

Jika United dapat mengatasi ujian tersulit yang tersisa di Liga Premier, tantangan gelar yang serius mungkin saja terjadi.

Setelah menyelesaikan laga melawan dua unggulan, yakni  Arsenal dan Manchester City di kandang dan tandang musim ini, perjalanan ke Anfield merupakan ujian besar terakhir kredensial Manchester United. Terlebih Liverpool mulai bangkit.

 Tim Liverpool yang telah mengalahkan City dan pemimpin liga Italia Napoli di kandang musim ini, dan kebangkitan dengan kemenangan atas Wolves,  bisa mengancam ambisi Ten Hag. Klub Merseyside akan menikmati kesempatan untuk menggagalkan momentum United serta meningkatkan dorongan mereka sendiri untuk tempat kualifikasi Liga Champions.

Sama mengesankannya dengan transformasi Man United di bawah manajer Belanda, Ten Hag, tim belum pernah mengamankan kemenangan melawan salah satu rival utama mereka jauh dari Old Trafford. Itu membuat kunjungan ke Anfield berpotensi menjadi lebih instruktif terkait kemajuan juara liga 20 kali itu.

Hasil imbang 2-2 di Barcelona di babak playoff Liga Europa bulan lalu menjadi bukti tumbuhnya kepercayaan diri dan keberanian tim yang tidak mampu mengimbangi City dan Liverpool dalam beberapa tahun terakhir. Dan sementara United memenangkan leg kedua 2-1 dan melaju ke babak 16 besar, mereka masih menunggu kemenangan signifikan di kandang klub terkemuka musim ini.

Ten Hag direndahkan dalam derby Manchester pertamanya di bulan Oktober saat kalah dari City 6-3. Di Arsenal pada bulan Januari, United melewatkan kesempatan untuk memberikan tekanan nyata pada pemimpin dengan kekalahan 3-2, berkat gol kemenangan Eddie Nketiah di menit akhir.

Lantas, bButuh gol injury time dari Casemiro untuk menyelamatkan hasil imbang 1-1 di Chelsea di awal musim.

Belakangan ada peningkatan menyeluruh United, bagaimanapun, tidak dapat disangkal, dengan kemenangan 3-1 hari Rabu atas West Ham di Piala FA, contoh terbaru dari ketahanan tim.

?Kami menunjukkan bahwa kami memiliki karakter untuk menghadapi situasi sulit. Tim dapat terus berjalan dengan energi,? kata Ten Hag. 

?Mereka yakin bisa memenangkan pertandingan dan sekali lagi mereka melakukannya dan saya senang dengan proses itu. Tim ini tidak menunjukkan kepanikan dan dapat mengubah dinamika permainan,? tambah Ten Hag.

Kemenangan 2-1 United pada Agustus adalah pertama kalinya mereka mengalahkan Liverpool di liga sejak 2018. Sebelumnya, Man United dilibas Liverpool  dalam beberapa tahun terakhir dengan 5-0 dan 4-0 musim lalu.

Namun, jika Manchester United bisa meraih tiga poin di Anfield nanti, run-in musim akan terlihat relatif mulus, sementara Arsenal dan City masih harus saling berhadapan lagi dan keduanya juga akan menghadapi Liverpool.

Kemenangan 4-0 Arsenal atas Everton pada hari Rabu membuka selisih 11 poin dari United yang berada di tempat ketiga, yang memiliki satu pertandingan di tangan.

Satu-satunya pertandingan tandang lain yang menonjol untuk United adalah di Newcastle dan Tottenham, meskipun tidak ada yang sebanding dengan ketegangan yang menyertai perjalanan ke Anfield.

Manajer Liverpool Jurgen Klopp memiliki ambisinya sendiri di luar mengganggu penantang gelar, meskipun musim perjuangan. Kemenangan 2-0 atas Wolverhampton pada hari Rabu membuat Liverpool terpaut enam poin dari tempat keempat Tottenham.

Ada tanda-tanda juara 2020 menemukan kembali performa mereka dalam beberapa pekan terakhir dengan kemenangan yang meningkatkan moral melawan Everton dan Newcastle. Yang terbaru, melawan Wolverhampton, memberikan harapan bahwa Klopp masih bisa menyelamatkan musim dengan setidaknya lolos ke Liga Champions.

Jurgen Klopp menggambarkannya sebagai "cara terbaik" untuk mempersiapkan United.

?Saya pikir Man United adalah tim yang sedang dalam performa terbaiknya saat ini, mungkin bersama Arsenal ? dan City melakukannya dengan baik,? kata Klopp.

Ia menambahkan bahwa penonton tuan rumah bisa menjadi faktor. ?Saya pikir Anfield membuktikan poin malam ini lagi. Itu super, sangat menyenangkan. Rasanya seperti unit yang tepat. Kami semua bersama - saya suka itu. Itulah yang kami butuhkan lagi pada hari Minggu.? (*/win)

Berita Terkini