Tahan Imbang Bayern Munich, Manchester City Melaju ke Semifinal Liga Champions

Kamis, 20 April 2023 04:09
Erling Haaland merayakan golnya ke gawang Bayern Munich. (foto: laman uefa)

JERMAN ? Manchester City memastikan diri melaju ke semifinal Liga Champions 2023 setelah ditahan imbang 1-1 oleh Bayern Munich di Allianz Arena, Kamis dini hari, dengan agregat 4-1, setelah laga kendang menang 3-0.

Pada laga ini sebenarnya Bayern Munich mampu tampil dominan dan unggul dalam penguasaan bola, namun penyelesaian akhir masih tumpul. 

Hal ini mengingat barisan belakang Manchester City yang dikoordinir oleh Ruben Diaz, John Stone, dan Nathan Ake menjadi pertahanan kokoh yang sulit ditembus barisan penyerang Bayern Munich.

Pemain depan Bayern Munich seperti kehilangan akal untuk menerobos pertahanan kokoh Manchester City. Eric Choupo-moting, Musiala, Sane, dan Kingsley Coman gagal menaklukkan rapihnya pertahanan City.

Tim asuhan Pep Guardiola tampaknya memang berusaha bermain bertahan untuk mempertahankan keunggulan 3-0 waktu main di kendang pekan lalu. Sehingga banyak pemain bermain ke belakang. Dalam hal ini City mengandalkan secarang balik yang cepat, terutama kea rah Erling Haaland.

Setidaknya, Bayern Munich punya tiga kesempatan baik untuk mencetak gol. Dua di antaranya diperoleh oleh Sane. Satu dari serangan dari sisi kiri, saying Ketika masuk kotek penalty, satu tendangannya menyamping ke gawang Ederson. Satu lagi melalui tendangan bebas yang diblok Ederson.

Justru Manchester City yang jarang memasuki kotak penalty Munich, malah mendapat hadiah tendangan penalti setelah Upamecano dinyatakan handball. Haaland yang ditugasi menjadi eksekutor, ternyata gagal mencetak gol, karena bola melambung.

Pada babak kedua, Haaland menebus kegagalan penalti tersebut. Lewat serangan balik, ia menadapat sodoran umpan dari tengah, bola digiring ke kotak penalti. Upamecano yang berupaya menghadangnya, ternyata terpeleset jatuh, maka Haaland dengan mudah menghajar bola ke gawang Sommer. Gol pada menit 57, 0-1 untuk Manchester City. 

Ketinggalan satu gol, Bayern Munich mencoba mengejar ketinggalan. Dan akhirnya pada menit 82 mendapat hadiah penalty setelah bek Akanji melakukan pelanggaran. Joshua Kimmich mengeksekusi secara dingin mampu membuat Ederson tertipu tebakan arah bola. Skor 1-1. 

Kedudukan ini bertahan sampai akhir laga. Sehingga Manchester City yang berhak melaju ke babak semifinal Liga Champions, yang nantinya berhadapan dengan juara bertahan Real Madrid.

Susunan Pemain

Bayern Munich XI (4-2-3-1): Sommer; Pavard, Upamecano, De Ligt, Davies; Kimmich, Goretzka; Sane, Musiala, Coman; Choupo-Moting.

Manchester City  XI (3-2-4-1): Ederson; Akanji, Dias, Ake; Stones, Rodri; Silva, Gundogan, De Bruyne, Grealish; Haaland.

(A Winoto)

Berita Terkini