bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Cristiano Ronaldo Punya Satu Miliar Pengikut di Media Sosial, Terbanyak Dunia

Satwiko Rumekso - Olahraga -> Sepakbola
Sabtu, 14 September 2024 08:32
    Bagikan  
KATERGORI OLAHRAGA
Marcelo Guelber Goes

KATERGORI OLAHRAGA - Cristiano Ronaldo Odyssey, by Marcelo Guelber Goes | Football Winner, 2024 World Sports Photography Awards

HELOINDONESIA.COM - Cristiano Ronaldo punya total 1 miliar pengikut di berbagai akun media sosialnya - menjadikannya orang pertama yang mencapai angka yang membingungkan itu.

Jumlahnya dihitung dengan menggabungkan jumlah total pengikutnya di Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan situs media sosial Tiongkok Weibo dan Kuaishou.

Itu tidak sama dengan satu miliar pengikut individu, karena banyak orang akan mengikutinya di berbagai platform, dan beberapa di antaranya merupakan akun palsu, yang dikenal sebagai bot.

Meskipun demikian, pakar media sosial Paolo Pescatore, dari PP Foresight, menggambarkannya sebagai "angka yang mengejutkan" yang akan mendapat perhatian khusus dari media dan merek.

"Sungguh suatu pencapaian yang luar biasa, dan hal ini semakin menggarisbawahi adanya perubahan mendasar yang terjadi di media."

Hal itu menunjukkan "kekuatan untuk menjangkau pemirsa baru yang lebih muda berkat teknologi", ujarnya kepada BBC.

Setelah Ronaldo ada Selena Gomes, 690 juta, Messi, 623 juta, Justin Bieber, 607 juta dan Taylor Swift, 574 juta,

Baca juga: Tambah Dua Emas, Menembak Jateng Lebihi Target di PON 2024

Di lapangan, Ronaldo terkenal karena persaingannya dengan bintang Argentina Lionel Messi.
Namun, tidak ada persaingan untuk menentukan siapa yang memenangkan kontes media sosial - Messi hanya memiliki 623 juta pengikut.

Bukan hanya olahraga: Ronaldo juga mengungguli beberapa nama besar di dunia hiburan, termasuk penyanyi Justin Bieber, Taylor Swift, dan Selena Gomez.

Bahkan mereka yang dikenal terutama karena pekerjaan daringnya tidak dapat bersaing - MrBeast, YouTuber teratas di dunia, memiliki total pengikut hanya 543 juta.

Bandingkan dengan Messi, yang salurannya hanya memiliki 3,5 juta pelanggan, meskipun telah mengunggah video sejak 2011.

Alasan perbedaannya terletak pada aturan yang mengatur YouTube: konten adalah raja.

Saluran Messi hanya mengunggah satu video dalam tiga tahun terakhir, sebuah iklan mencolok untuk pengalaman sepak bola tentang dirinya yang berdurasi setengah menit.

Video-videonya yang lain juga pendek, sedangkan video-video yang lebih panjang biasanya berupa montase atau menampilkan dirinya berbicara dalam bahasa aslinya, Spanyol.

Sejauh ini, saluran Ronaldo sebagian besar berisi percakapan antara dia dan istrinya Georgina Rodríguez, serta mantan rekannya di Manchester United, Rio Ferdinand.

Namun, semua konten ini telah disesuaikan untuk pemirsa berbahasa Inggris - dan bahkan ketika Ronaldo berbicara dalam bahasa Spanyol atau Portugis, videonya sering kali dialihbahasakan ke dalam bahasa Inggris .

Baca juga: Cristiano Ronaldo Dalam Perjalanan Menuju 1.000 Goal dalam Kariernya

Hal itu, ditambah dengan unggahan hampir setiap hari dan gambar mini YouTube yang cerah dan berwarna-warni, menunjukkan Ronaldo (atau lebih tepatnya tim media sosialnya) tahu persis cara membuat video populer di platform tersebut.

Ia mengumumkan berita itu dalam sebuah posting yang dibagikan di berbagai platform media sosialnya.

Berbagai Rekor

Cristiano Ronaldo telah membuat kariernya dengan memecahkan rekor.
Keberhasilannya termasuk menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions UEFA, mencetak gol terbanyak di Kejuaraan Eropa, dan tampil lebih banyak di level internasional daripada siapa pun.

Minggu lalu ia menjadi pemain sepak bola pertama yang mencetak 900 gol tingkat atas dalam kariernya.
Seperti halnya karier bermainnya, ia masih memiliki ruang untuk meningkatkan angka-angkanya di media sosial juga, karena tidak seperti beberapa pesaingnya, ia tidak menggunakan TikTok atau Threads.

Semua itu kemungkinan menambah angka lain yang dikuasainya: pendapatan.
Menurut Forbes, penghasilan totalnya sekarang mencapai $260 juta atau Rp4.007.042.000- penghasilan tertinggi dibandingkan atlet mana pun.***