bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

PON 2024, Langkah Tim Sepakbola Jateng Kian Berat Usai Ditumbangkan Sumut

Sabtu, 7 September 2024 05:55
    Bagikan  
PON 2024, Langkah Tim Sepakbola Jateng Kian Berat Usai Ditumbangkan Sumut

Pesepakbola Jateng Henry Setiawan (tengah) berusaha merebut bola dari pemain Sumut Putra Ramadhan pada babak penyisihan Grup B sepakbola putra PON XXI . Foto: antarafoto.com

BANDA ACEH, HELOINDONESIA.COM - Langkah tim sepakbola Jawa Tengah untuk lolos ke babak berikutnya di PON XXI/2024 Aceh Sumut, kian berat usai ditumbangkan tim Sumatera Utara 0-2 di babak penyisihan Grup B di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Aceh, Jumat 6 September 2024.

Dua gol Sumut diciptakan oleh Reza Anugrah Putra Lubis menit ke-38, dan Nur Cholis pada masa injury time.

Bagi Jateng, ini menjadi kekalahan pertama dalam tiga laga yang dilakoni di babak penyisihan. Sebelumnya, pasukan Idrus Gunawan bermain imbang melawan Sulawesi Barat dan Papua Barat.
Peluang Jateng memang belum tertutup, karena masih mengoleksi nilai 2. Namun saat ini, Tim jateng tersungkur di posisi keempat dari lima tim yang berada di Grup B.

Baca juga: PON 2024, Tiga Atlet Panjat Tebing Jateng Tembus Final Nomor Combined Perseorangan

Nilai Tim Jateng sebenarnya sama dengan Papua Barat dan Sulawesi Barat, namun kedua tim ini baru bermain dua kali, sedangkan Jateng sudah tiga kali.

Selain itu, selisih gol Jateng paling banyak, karena kini sudah minus 2 (1-3) menyusul kekalahan dari Sumut.
Sebaliknya, atas kemenangan tersebut, Sumut langsung memimpin klasemen sementara dengan nilai 4. Berturut-turut kemudian posisi kedua dan ketiga ditempati Papua Barat dan Sulawesi Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi Tengah.

Jalannya pertandingan Sumut vs Jateng, kedua tim saling jual beli serangan sejak awal laga. Namun, Sumut mampu mencetak gol lewat sundulan keras Reza Anugerah yang memanfaatkan bola tendangan sudut pada menit ke-38.

Baca juga: Pembukaan PON XXI Wilayah Sumut di Stadion Baharoeddin Siregar Lubuk Pakam

Pelatih tim sepakbola PON M Ridwan Saragih usai pertandingan menyampaikan kemenangan atas Jateng hari ini berkat kerja keras para pemain di lapangan. Atas keberhasilan tersebut ia meminta kepada pemain agar tidak terlalu berlebihan merayakan kemenangan.

"Kita masih ada beberapa pertandingan lagi, para pemain saya harap jangan terlalu euforia berlebihan. Saya harap anak-anak untuk tetap fokus menghadapi pertandingan berikutnya," tandas Ridwan, seperti dilansir kemenppra.go.id.

Klasemen sementara Grup B PON:

(Main, Menang, Kalah, Selisih Gol, Poin)
1. Sumatera Utara 2 1 1 0 3-1  4
2. Papua Barat 2 0 2 0 2-2  2
3. Sulawesi Barat 2 0 2 0 1-1 2
4. Jawa Tengah 3 0 2 1 1-3 2
5. Sulawesi Tengah 1 0 1 0 1-1 1

(Aji)