bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Stadion Jatidiri Semarang Direnovasi Sesuai Standar FIFA, Target Rampung Medio Oktober

Minggu, 11 Agustus 2024 10:24
    Bagikan  
Stadion Jatidiri Semarang Direnovasi Sesuai Standar FIFA, Target Rampung Medio Oktober

Para petugas menyiram rumput Stadion Jatidiri dengan target pertengahan Oktober selesai. Foto: Ist

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Renovasi Stadion Jatidiri Semarang yang dimulai sejak Desember 2023 hingga kini sudah mencapai 75 persen. Berbagai perbaikan dilakukan di stadion yang biasanya untuk home base PSIS itu menyesuaikan standar FIFA. Renovasi ditarget rampung pada medio Oktober 2024.

Project Manager Stadion Jatidiri, Soenaryo menjelaskan, renovasi Stadion Jatidiri meliputi pergantian rumput dan kursi sesuai standar FIFA.

Baca juga: Masih Labil, Performa Tim Basket Putri Jateng untuk PON 2024

Di Stadion Jatidiri juga dibangun dua tangga darurat. Yakni di Tribun Selatan dan Tribun Utara. "Adanya tangga darurat ini memungkinkan jika terjadi kerusakan akan lebih cepat evakuasinya," jelasnya, Rabu 7 Agustus 2024 lalu.

Capaian 75 persen ini bisa dilihat. Seperti rumput yang sudah mulai menghijau. "Menunggu kerataannya, di Oktober awal ini mungkin sudah rapat rumputnya," jelasnya.

Penambahan VAR

Stadion ini juga ada rencana penambahan Video Assistant Referee (VAR). Dengan demikian, pertandingan sepakbola yang digelar di sini mulai ada perkembangan.

"Penambahan toilet di setiap tribun sudah ada, ruang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK) sudah dibangun di dekat lapangan," ujarnya.

Perlu diketahui, Stadion Jatidiri memiliki kapasitas 18.220 penonton yang sebelumnya 24.000. Menggunakan single

Baca juga: Momentum Hari Jadi Provinsi dan HUT RI, Jateng Bikers Community Bagikan Sembako di Pekalongan

untuk reguler.

Terdiri dari Tribun Barat memiliki kapasitas 3773, di Tribun Utara 3.860 penonton. Sedangkan di Tribun Timur memiliki kapasitas 6728 penonton, Tribun Selatan 3.859 penonton.

Sedangkan VIP memiliki kapasitas 454 penonton, VVIP 80 penonton. Media dengan meja 110 dan delapan kursi untuk difabel.

Lingkup pekerjaan utama di tiap tribun. Terdiri dari perbaikan tribun tanah, yakni pengisapan lapisan tribun dan pengecoran kembali. Selain itu, pemasangan kursi di Tribun Barat, Selatan, Timur, dan Utara.

Selain itu, penambahan pagar pembatas akses pemain dan penonton. Penambahan pantry struktur baja, dan penambahan panggung shoot kamera. Di Tribun Barat, dilakukan pemasangan dua unit tangga baja dan pemasangan tiang bendera delapan titik. (Aji)