Helo Indonesia

Kiko Sosok Pemain Asing Kedelapan Asal Portugal Bersama Persik, Bek yang Tangguh Penganti Anderson do Nascimento

Minggu, 21 Juli 2024 15:06
    Bagikan  
CAP PERSIK
persik official

CAP PERSIK - Dua benteng pertahanan asing Persik Kediri, Fransisco Carneiro alias Kiko berusia 24 tahun dan Brendon Lucas berusia 29 tahun, untuk musim kompetisi Liga 1 Indonesia 2024/2025.

HELOINDONESIA.COM - Rumor masuknya pemain asal Brasil, Fransisco Carneiro alias Kiko ke Persik Kediri sebenarnya cukup lama terdengar, yaitu sejak 13 Juli 2024 lalu.

Namun saat itu hanyalah sebatas rumor, karena memang sejak awal manajemen Persik Kediri belum membuka terkait persoalan yang dihadapi karena sulitnya mendatangkan pemain usia 24 tahun ini, karena larang FIFA.

Namun rumor yang ramai diperbincangkan itu akhirnya menjadi kenyataan, Kiko kini sudah bergabung, bahkan sudah turut berlatih besama Skuad Macan Putih di Stadion Brawijaya Kediri.

Kiko merupakan bek-tengah yang tangguh berkebangsaan Portugal satu negara dengan pemain gelandang Persik lainnya, Ze Valente yang sebelumnya membela Rans Nusantara FC.

Baca juga: Brendon Lucas dan Fransisco Carneiro Melengkapi Delapan Pemain Asing Persik Kediri Kompetisi Liga 1 Indonesua

Ketangguhan Kiko dibuktikan dengan minimnya kebobolan Rans Nusantara dalam setiap laga yang dihadapi selama kompetisi Liga 1 Indonesia 2024.

Hingga pekan ke-10 bersama Rans Nusantara FC baru kebobolan sebanyak 9 gol, merupakan jumlah kebobolan gol paling sedikit dibanding klub-klub yang lainnya.

Rans Nusantara saat itu juga mencatatkan tiga clean sheet (nirbobol), saat diperingkat lima klasemen sementara, saat menghadapi PSS Sleman (0-0), Arema FC (1-0) dan Dewa United (0-0).

Baca juga: Kumpulan Lirik Lagu dan Yel-yel Suporter Persikmania, Jayati Persik Kediri Pasti Menang

Bek kelahiran 25 Maret 2000 itu juga tergolong pemain muda dari Portugal yang berani meniti karier sepakbola di luar negaranya, seperti di Indonesia.

Bagi Kiko berkarier di luar negeri merupakan kesempatan emas, yang merupakan bagian dari proses pengembangan diri yang harus dijalani setiap pemain muda.

Dan salah satunya bergabung bersama Rans Nusantara FC memang sesuatu pencapaian yang dia nantikan, kesempatan Kiko kembali berkarir bersama Persik di Liga 1 Indonesia menjadi prestasi tersendiri, sementara klub yang dia ikuti sebelumnya, Rans Nusantara terjerumus di Liga 2 Indonesia.

Kehadiran Kiko di Persik Kediri juga memberikan inspirasi pelatih Marcelo Rospide dalam memainkan strategi, lantara dia juga memiliki kempuan di posisi yang lain seperti gelandang bertahan.

Baca juga: Bursa Transfer Persik Kediri Ousmane Fane Masuk, Jeam Kelly Sroyer Kembali ke Biak

Bersama Brenden Lucas dan Al Hamra dkk, Kiko akan menjaga lini pertahanan Persik Kediri lebih kokoh dari sebelumnya yang posisinya ditinggal pergi bek Anderson Nascimento, usai kompetisi Liga 1 usai.

Bersama Rans Nusantara FC, Kiko telah tampil sebanyak 30 bermain dengan mengoleksi 1 gol, prestasi ini yang membuat Persik kepincut dengan pria berpostur 1,82 meter ini.

Dikutip dari Transfermarkt.com, harga pasaran pemain berusia 24 tahun ini, terbilang masih tinggi, tercatat Rp3,48 miliar.

Baca juga: Bursa Transfer Persik Kediri Ousmane Fane Masuk, Jeam Kelly Sroyer Kembali ke Biak

Diketahui tersendatnya kehadiran Kiko bersama Persik Kediri lantaran, Persik belum menuntaskan persoalan larangan transfer pemain asing berusia 24 tahun dari FIFA.

Namun beruntung setelah tanggal 15 Juli 2024 kemarin larangan dari FIFA sudah diselesaikan dan kini akhirnya Persik Kediri berhasil membawa Kiko ke Macan Putih.

Baca juga: Persik Kediri Rekrut Ramiro Fergonzi Menggantikan Posisi Flavio Silva, Menambah Daya Dobrak Lini Depan

Berikut profil pemain asing kedelapan Persik Kediri Kiko:

Nama Lengkap : Francisco Pereira Carneiro
Tanggal Lahir : 25 Maret 2000 berusia 24 tahun
Tempat lahir : Pacos de Ferreira, Portugal
Tinggi badan : 1,82 meter
Warganegara : Portugal
Posisi : Bek-Bek-Tengah
Posisi lain : Gelandang bertahan
Dominasi kaki : Kanan dan kiri
Klub sebelumnya : Rans Nusantara FC
Klub sekarang : Persik Kediri
Performa : Bersama Rans Nusantara, 30 bermain, 1 gol, 6 kartu kuning, 1 kartu kuning pertama, satu kartu kuning kedua, 2.603 menit bermain.

Performa : Bersama klub Montalegre, 24 bermain, 6 kartu kuning, 1 kartu kuning pertama, 1 kartu kuning kedua, 1 kartu merah dengan 1.885 menit bermain.

Performa : Bersama klub Valaderes Gaia, 1 kali bermain dan 90 menit bermain.

Performa : Bersama Visela, 1 pertandingan dan 90 menit bermain. **