Helo Indonesia

Heboh! Anggota Komisi X DPR Minta Timnas Indonesia Jangan Terlalu Banyak Mainkan Pemain Naturalisasi, Kalau Bisa 60% Lokal

Selasa, 4 Juni 2024 00:31
    Bagikan  
Foto
instagram @putranababan74

Foto - Putra Nababan selfie bersama kemenpora dan pemain naturalisasi Calvin Verdonk

HELOINDONESIA.COM - Heboh video viral ada anggota Komisi X DPR RI yang menyebutkan kalau Timnas Indonesia harus diperkuat lebih banyak pemain Nasional jangan terlalu banyak naturalisasi yang bermain di lapangan.

Hal ini disampaikan oleh Putra Nababan dalam raker Komisi X DPR bersama PSSI dan Kemenpora Usai Komisi III DPR RI setujui proses naturalisasi Jens Raven (18/ST) dan Calvin Verdonk (LB-CB-CDM/27).

"Saya meminta kalau bisa 60% pemain Nasional yang bermain, jangan melulu dilapangan pemain naturalisasi jangan sampai dibalik atas nama kemenangan dan sebagainya itu jadi dibalik" Ucap Putra Nababan di raker Komisi X DPR, Senin 3 Juni 2024.

Tentunya pernyataan nya tersebut sangat banyak memancing tanggapan dari berbgai pihak, contohnya dari akun sosial media X @Bolalob yang mengatakan kalau ia kuramg sepaham dengan pendapat Putra Nababan itu.

"Kalau liga nya baik, mungkin setuju pak. Tapi karena sekarang liga nya masih peringkat 28 Asia, jadi pemain timnas masih butuh banyak yang naturalisasi" ketik @Bolalob di X.

Padahal Hinca Pandjaitan yang merupakan Anggota komisi III DPR RI tidak terlalu mempermasalahkan pemain naturalisasi, ia malah terlihat bangga dengan Jens Raven dan Calvin Verdonk yang memilih menjadi WNI.

"Naturalisasi bukan hanya pergantian identitas di kertas, tetapi adalah pemanggilan kembali jiwa ke tanah asalnya, ke mana hati benar-benar berlabuh. Selamat datang Verdonk dan Raven????????" ketik @hincapandjaitan di X.

Lantas apakah kalian setuju dengan pendapat Putra Nababan yanh inginkan Timnas diisi pemain Lokal 60% dan Naturalisasi 40% saat bertanding ?

Klarifikasi Putra Nababan setelah videonya viral ia mengatakan kalau ia memang setuju dengan program naturalisasi tetapi ia minta agar pemain-pemain lokal juga dibina agar memiliki kemampuan yang sama.

"Utk kesekian kali, kami menyetujui program naturalisasi pemain sepakbola berdarah Indonesia yg diajukan pemerintah & PSSI. Sejak 2020 sudah 14 pemain yg telah disetujui Komisi X DPR RI, dengan janji pemerintah akan menjadikan ini sbg program jangka pendek dan tetap melakukan pembibitan pemain sepakbola sejak usia dini. Karena ini SHORT TERM PROGRAM, maka saya minta kepada Menpora & PSSI untuk memperhatikan komposisi pemain timnas yg berlaga supaya terjadi transfer of knowledge, agar para pemain bisa berbagi kemampuan, strategi & taktik saat bertanding. Tentunya permintaan ini juga untuk menunjukan keberpihakan kita terhadap atlet-atlet yang sudah dibina sejak dini oleh negara. Semoga kita berjaya dan fokus melakukan pembibitan atlet2 yg kelak mengharumkan nama bangsa di kancah internasional" ujar @putranababan74 di akun Instagramnya.