bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Nama Taty Castellanos Mendadak Melejit, Gelontorkan Empat Gol Bawa Girona Hancurkan Real Madrid 4-2

Helo Jabar - Olahraga -> Sepakbola
Rabu, 26 April 2023 12:08
    Bagikan  
Nama Taty Castellanos Mendadak Melejit, Gelontorkan Empat Gol Bawa Girona Hancurkan Real Madrid 4-2

Valentin 'Taty' Mariano Castellanos, striker Girona yang memborong 4 gol ke gawang Real Madrid. Taty Castellanos saat merayakan gol. (Foto: David Borrat/EFE/marca)

SPANYOL ? Prestasi monumental ditorehkan striker Girona, yakni Taty Castellanos. Pemain asal Argentina dengan nama asli Valentin Mariano Castellanos itu menggelontorkan empat gol ke gawang Real Madrid yang dijaga kiper Andriy Lunin, hingga hasil akhirnya membawa Girona menghancurkan Real Madrid 4-2.

Dengan derita kekalahan telak di Estadi Montilivi ini, Real Madrid makin tertekan dalam persaingan perebutan gelar La Liga. Sebab, rival abadinya, Barcelona melaju menuju trofi La Liga setelah kemenangan 1-0 pasukan Xavi atas Atletico Madrid pada hari Minggu.

Striker Castellanos memang luar biasa, mampu memborong empat gol ke gawang Lunin. Castellanos menjadi pemain kelima yang mencetak empat gol kandang melawan Real Madrid. 

Castellanos memulai golnya sejak menit ke-11, dan menyusul tiga gol briliannya. El Real mendapat dua gol hiburan dari Vinicius Junior dan Lucas Vazquez.

Hasil ini membuat Real Madrid tertinggal 11 poin dari Barcelona yang selangkah lebih dekat untuk mengangkat trofi LaLiga Santander saat menghadapi Rayo Vallecano pada Rabu malam.

Dari sisi Catalan Girona, tim ini  mengguncang unit pertahanan Real Madrid sejak awal pertandingan di babak pertama ujung ke ujung yang berakhir 2-1 untuk tim tuan rumah.

Castellanos membuat tuan rumah unggul dengan gol menit ke-12 yang pantas dari gerakan yang bekerja dengan baik. Pemain Argentina itu kemudian menambah golnya beberapa saat kemudian saat dia mengalahkan Militao dan mengonversi melewati Lunin untuk menjadikannya 2-0.

Vinicius, sejauh ini merupakan pemain terbaik Real Madrid sepanjang pertandingan, menyelamatkan satu gol bagi tim tamu pada menit ke-34 setelah ia menyundul umpan silang Asensio.

Taty Castellanos Mengukir Sejarah

Empat gol penyerang Taty Castellanos yang berusia 24 tahun itu ke gawang Real Madrid telah mengukir sejarah saat ia menjadi pemain kelima yang mencetak empat gol kandang melawan Real Madrid.

Para pemain itu adalah Vantolra (Barcelona 5 - Real Madrid 0, 34-35), Mart?nez (Espanyol 5 - Real Madrid 4, 30-40), Emilin (Oviedo 4 - Real Madrid 0, 44-45) dan Echevarr?a (Oviedo 7 - Real Madrid 1, 47-48).

Pemain terakhir yang mencetak empat gol melawan Real Madrid adalah Lewandowski bersama Borussia Dortmund pada 24 April 2013.

Ini adalah musim pertama Valentin Castellanos di Eropa setelah bergabung dengan Girona dari New York City FC Juli lalu dan sang striker sekarang mencetak dua digit untuk kampanye tersebut.

Kemenangan ini akan dicatat dalam sejarah Girona sebagai salah satu malam liga terbesar mereka saat mereka naik ke paruh atas klasemen.

Taty mencetak gol pada menit ke-12, 24, 46 dan 62 dari pertandingan Matchday 31 LaLiga Santander Girona melawan raksasa Madrid sebelum meninggalkan lapangan untuk Christian Stuani pada menit ke-72.

Rekor apa yang dibuat Taty Castellanos melawan Real Madrid? Castellanos menjadi pemain Argentina pertama yang mencetak empat gol ke gawang Los Blancos dalam satu pertandingan LaLiga Santander.

Bahkan Lionel Messi, yang bisa dibilang pemain terbaik yang pernah ada dalam permainan, tidak pernah berhasil mencetak empat gol melawan musuh bebuyutan mantan timnya, Real Madrid.

Taty juga menambahkan namanya ke dalam daftar eksklusif pemain yang mencetak hat-trick melawan Real Madrid.

Robert Lewandowski adalah orang terakhir yang melakukannya selama semifinal Liga Champions UEFA 2013 ketika pemain Polandia itu bermain di Borussia Dortmund di Jerman.

Castellanos juga menjadi pemain kelima yang mencetak empat gol kandang melawan Real Madrid dengan yang lainnya adalah Vantolra (Barcelona 5 - Real Madrid 0, 1934-35), Martinez (Espanyol 5 - Real Madrid 4, 1930-40), Emilin (Oviedo 4 - Real Madrid 0, 1944-45) dan Echevarria (Oviedo 7 - Real Madrid 1, 1947-48).

Siapakah Taty Castellanos

Lahir di Mendoza, Argentina, dengan nama asli Valentin Mariano Castellanos, dia tiba di Girona musim panas lalu untuk musim 2022/23 dalam petualangan pertamanya di Eropa setelah waktunya di Major League Soccer bersama New York City FC.

Castellanos berusia 24 tahun dan pernah bermain untuk Montevideo City Torque di Uruguay dan Universidad de Chile di Chili.

Dia tidak pernah bermain untuk klub Argentina dan menjadi bagian dari tim nasional U-23 Argentina yang dinobatkan sebagai juara dalam turnamen Pra-Olimpiade Amerika Selatan di Kolombia pada tahun 2020. (*)

(A Winoto)