Helo Indonesia

Langkah Timnas Indonesia Bisa Mulus di 16 Besar Piala Asia, Asal Memiliki Syarat Seperti ini

Selasa, 23 Januari 2024 09:22
    Bagikan  
PELUANG
pssi.org

PELUANG - Timnas Indonesia berpeluang masuk 16 Besar Piala Asia 2023.

HELOINDONESIA.COM - Langkah Timnas Indonesia lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 bisa terjadi dan ditentukan jika situasi ini terjadi atau bisa mengimbangi permainan Timnas Jepang.

Untuk mencapai 16 Besar Piala Asia 2023, Timnas Indonesia harus melawati jalan yang berat dengan menghadapi lawan berat yakni Timnas Jepang, Rabu (24/1/2024) malam.

Sementara pada hari ini, Selasa (23/1/2024) malam ada laga terakhir babak penyisihan di Grup B dan Grup C, yang bisa mempengaruhi posisi Indonesia menuju 16 besar Piala Asia 2023.

Baca juga: Qatar Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Peluang Timnas Indonesia Semakin Terbuka Lebar

Salah satu pertandingan di Grup B akan menghadirkan peringkat tiga klasemen sementara Syiria melawan India yang menduduki dasar klasemen, Syiria mengoleksi 1 poin sementara India 0 poin.

Jika laga ini berakhir imbang saja maka Syiria akan mengoleksi menjadi 2 poin sedang india mengoleksi 1 poin, dengan demikian Syiria bakal finish di posisi ketiga klasemen Grup B.

Sementara jika hasil pertandingan Syria vs India berakhir seri, maka Indonesia yang sudah memiliki tiga poin bakal lolos ke 16 Besar lewat jalur satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Baca juga: Cetak Selusin Gol, Timnas Futsal Indonesia Libas Makau Pada Kualifikasi Piala Asia 2024

Kemungkinan lain adalah Indonesia lolos ke 16 Besar masih ada dari hasil pertandingan terakhir di Grup C antara Hongkong vs Palestina.

Jika Indonesia bisa lolos ke 16 Besar, ada syarat lain di laga Hongkong vs Palestina ini juga berakhir seri.

Saat ini Hongkong menempati juru kunci Grup C belum memiliki poin sama sekali, sedang Palestina berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup C dengan koleksi satu poin.

Baca juga: Masa Depan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Ditentukan Hasil Piala Asia 2023

Artinya kalau pertandingan ini berakhir imbang, maka Palestina tetap berada di peringkat ketiga dengan koleksi dua poin.

Otomatis Indonesia akan lolos karena poinnya lebih bagus dibanding Palestina yang sudah mengoleksi 3 poin dari kemenangan melawan Vietnam.

Sementara di Grup lain seperti Grup A, sejauh ini Grup A sudah menyelesaikan babak penyisihannya peringkat tiga Grup A ditempati China yang mengemas dua poin.

Baca juga: Didominasi Pemain Persija, 23 Skuad Garuda Nusantara Diboyong STY ke Piala Asia U-20 di Uzbekistan

Sementara Indonesia berada di posisi kedua deretan tim peringkat ketiga terbaik dengan mengumpulkan tiga poin.

Dari enam tim peringkat tiga ini, empat tim peringkat tiga terbaik lolos ke 16 Besar mendampingi juara dan runner up grup.

Baca juga: Meski Skuad Garuda Dijegal Irak 1-3, Pelatih STY Tetap Hargai Pemain, Mereka Sudah Berjuang

Sehingga agar aman masuk peringkat 16 besar Piala Asia rasanya Indonesia cukup bermain imbang saja sudah cukup saat melawan Jepang dalam laga 24 Januari 2024 nanti.

Rangking Peringkat Terbaik sementara hingga, Selasa (23/1/2024) Piala Asia 2024:

KLASEMEN KETIGA