Tak hanya Support UMKM, Mbak Agustin Berharap Kirab Budaya Mijen Jadi Even Nasional

Minggu, 1 September 2024 06:15
Mbak Agustin mencoba menu dagangan saat mengunjungi stan UMKM di acara Kirab Budaya Mijen. Foto: Ist

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Ribuan warga mengikuti kegiatan Kirab Gelar Budaya yang diadakan oleh Pemerintah Kota Semarang di Sirkuit Mijen pada Sabtu 31 Agustus 2024. Acara Kirab Budaya tersebut diikuti kelurahan-kelurahan yang ada di Kecamatan Mijen.

Mereka menghadirkan gunungan yang berisikan hasil pertanian seperti cabai, kacang panjang, terong, sawi, dan masih banyak lagi lainnya. Selain gunungan, banyak warga Mijen yang melakukan kirab kesenian seperi jaran kepang, reog, dan tak ketinggalan silat.

Baca juga: Pameran Bonsai Merdeka di Tangsel, Benyamin; Ajang Apresiasi Seni dan Lingkungan Hidup

Dalam acara itu, hadir Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng atau akrab disapa Mbak Agustin. Dia mengungkapkan antusiasme mendatangi acara tahunan tersebut, bahkan ikut meninjau stan warga yang mengikuti lomba minuman kreasi dan makanan sehat.

Mbak Agustin dalam kesempatan tersebut juga turut menentukan gunungan yang menang dalam even tersebut. Tak hanya itu, ia juga melariskan jualan para pelaku UMKM yang menjajakan dagangannya di Kirab Gelar Budaya tersebut sebagai bentuk support-nya terhadap UMKM.

Mbak Agustin bahkan berharap, agenda Kirab Budaya Mijen bisa menjadi even nasional. "Ini bagus banget ya, ini even tahunan. Saya akan komunikasikan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif supaya jadi even nasional sehingga ada penonton dari luar kota Semarang yang hadir. Dengan demikian jualannya teman-teman UMKM yang dagang ini banyak pembeli," ujar Mbak Agustin.

Baca juga: Paramotor PON 2024, Lis Andriana Sumbang Perunggu untuk Jateng

Mbak Agustin juga memberikan apresiasi warga yang menghadirkan gunungan unik dalam even itu. "Gunungannya unik, gunungan ini dihias dari hasil tanaman teman-teman dari kebunnya sendiri. Itu yang membedakan dengan daerah lain. Itu tadi ada kacang panjang, tomat, Lombok, terong. Jadi kalau gunungannya ngga sama, ya memang karena itu hasil kebun," tandasnya.

Mbak Agustin yang juga merupakan calon walikota Semarang yang diusung oleh PDI Perjuangan tersebut menandaskan, pekerjaan rumah atau tantangan even tahunan itu adalah mendatangkan banyak pengunjung.

Bila, Mbak Agustin terpilih menjadi Wali Kota Semarang maka ia ingin mendatangkan lebih banyak pengunjung ke even tersebut. "Support Pemkot Semarang itu sudah besar, PR tantangannya adalah yang mengunjungi sini harus lebih besar sehingga masyarakat bisa menikmati banyak manfaat. Ketika ada tontonan semacam ini, lihat ini UMKM-nya hidup. Ekonomi berputar, ini salah satu cara untuk pemasukkan Kota Semarang ya seperti ini. Kami dukung, pengunjung yang datang harus lebih besar lagi sehingga terjadi secara alamiah," tandas Doktor Ilmu Sejarah FIB Undip tersebut.

Baca juga: Dico Diusung PKB, Ini Kata Ketua Partai Golkar Kendal

Mbak Agustin berharap semakin banyak even semacam itu dan mengundang banyak pengusaha untuk turut berkolaborasi.

"Titik-titik Pariwisata seperti ini dengan media yang berbeda semoga semakin banyak Sehingga menjadi sumber pemasukan untuk Kota Semarang," pungkasnya. (Aji)

Berita Terkini