bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tugu Kampung Pancasila di Tubaba Diresmikan, Ini Pesan PJ Gubernur

3 jam 28 menit lalu
    Bagikan  
Tugu Kampung Pancasila di Tubaba Diresmikan, Ini Pesan PJ Gubernur

Saat PJ Gubernur Memberikan Sambutan (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -–Pencanangan Tujuh tugu Kampung Pancasila di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, diresmikan.

Ketujuh tugu Kampung Pancasila itu, diresmikan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Samsudin, di Tiyuh (Desa) Panaragan Jaya Utama (PJU), Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT), Kabupaten Tubaba, Rabu (07/08/2024).

"Atas nama pemerintah provinsi Lampung saya mengucapkan selamat atas diresmikannya Tugu Pancasila yang akan menjadi simbol penting bagi kita semua di Kabupaten Tubaba," kata Pj Gubernur, Samsudin, saat sambutan.

Menurutnya, Tugu Pancasila ini, tentu memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat Tubaba tidak hanya sebagai Monumen yang memperingati dasar negara kita Pancasila. Akan tetapi, sebagai simbol semangat dan tekad kita untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari.

"langkah ini adalah bukti nyata komitmen kita dalam menjadikan Tugu Pancasila sebagai landasan utama dalam segala aspek kehidupan di masyarakat. Ada lima sila tentunya kita bukan hanya sekedar hafal tetapi bagaimana kita bisa mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," terangnya.

Saya berharap sebagai Kampung Pancasila nilai-nilai luhur Pancasila akan semakin kuat di hati masyarakat dan menjadi pedoman dalam setiap tindakan dan keputusan.

Sementara itu, sambutan Letkol, inf. Heri Eko Prabowo, melalui Pabung 0412/LU, Aris Setiahadi memaparkan bahwa Kampung Pancasila merupakan salah satu program unggulan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, yang sejatinya merupakan investasi luar biasa dimana kita bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila kedalam Kampung Pancasila.

"Kampung Pancasila adalah bentuk inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat baik di tingkat Tiyuh maupun kota yang notabennya masyarakatnya beragam. Dengan tujuan akhir menciptakan hubungan yang lebih harmonis, dengan Pancasila sebagai pandangan hidup bersama," ujar Aris.

Lebih lanjut dia menerangkan, terbentuknya Kampung Pancasila memiliki makna yang bisa diterapkan di Kampung tersebut, pertama menciptakan media pembelajaran nilai-nilai Pancasila, kedua mendorong tumbuhnya kerukunan antar umat beragama, ketiga menyebarkan makna bhineka tunggal ika dan melestarikan adat budaya, keempat menegaskan kewajiban warga untuk melaksanakan gotong royong dan musyawarah mufakat, kelima tumbuhnya ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Adapun ketujuh tugu kampung pancasila yang diresmikan pada hari ini yakni:
1.Tiyuh Panaragan Jaya Utama, Kecamatan TBT.
2.Tiyuh Cahya Randu Kecamatan Pagar Dewa
3.Tiyuh Kibang Tri Jaya Kecamatan Lambu Kibang
4.Tiyuh Mulya Jadi Kecamatan Gunung Terang.
5.Tiyuh Marga Sari Kecamatan Batu Putih
6.Tiyuh Indraloka Mukti Kecamatan Way Kenanga
7. Tiyuh Margodadi Kecamatan Tumijajar

(Rohman).