bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

MPAL Pesawaran: Pentingnya Pendidikan Sejarah Adat Lampung bagi Pelajar

Herman Batin Mangku - Hiburan -> Seni Budaya
Selasa, 28 Mei 2024 16:04
    Bagikan  
MPAL PESAWARAN
Helo Lampung

MPAL PESAWARAN - Farifki Zulkarnayen gelar Suntan Junjungan Marga

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Majelis Punyimbang Adat Lampung (MPAL) Kabupaten Pesawaran mendorong pemerintah setempat, agar dapat segera menjalankan Peraturan Daerah (Perda) No.7 Tahun 2019 tentang Pelestarian Warisan Budaya dan Adat Istiadat Lampung di Bumi Andan Jejama.

Ketua Umum MPAL Kabupaten Pesawaran Farifki Zulkarnayen gelar Suntan Junjungan Marga mengatakan, dengan adanya Perda tersebut, tentunya dapat menjaga kelestarian dan memberikan pendidikan sejarah adat Lampung kepada anak-anak sebagai penerus.

“Saya yakin, sampai saat ini banyak anak-anak kita ini yang kurang paham dengan sejarah adat dan budaya Lampung, kemudian budaya Lampung, maka dari itu kalo ada pendidikan bagi anak murid tentang sejarah adat Lampung tentunya kita dapat melestarikan adat budaya Lampung,” kata Farifki, Selasa (28/5/2024)

“Jangan sampai, dengan kemajuan zaman saat ini, anak-anak kita menjadi lupa terhadap sejarah, adat istiadat, dan kebudayaan Lampung, yang akhirnya mereka lupa asal usul mereka sebagai masyarakat Lampung,” tambahnya.

Untuk itu, Ia meminta kepada Pemkab Pesawaran, agar dapat menerapkan kembali mata pelajaran pendidikan Lampung, di setiap sekolah-sekolah mulai dari tingkat dasar sampai dengan tingkat SMP

“Sekarang ini memang sudah ada pelajaran muatan lokal tentang pelajaran Lampung ini, namunkan kurang maksimal, makanya kami minta agar pelajaran Lampung di sekolah ini lebih maksimal kedepannya,” kata dia.

Menurutnya, selain mengenalkan sejarah Lampung, dirinya juga telah meminta kepada pemerintah daerah, agar dapat mengenakan pakaian adat Lampung sehari dalam satu minggu kerja.

“Sebagai masyarakat Lampung, tentunya kita harus dapat melestarikan adat dan budaya Lampung ini, apalagi Lampung kan memiliki pakaian adat sendiri, kalau itu bisa diterapkan saya yakin budaya Lampung dapat kembali berjaya dan masyarakat juga mempunyai sifat memiliki, umumnya Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Pesawaran,” timpalnya.

Sementara, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesawaran Hendri Perdopo mengatakan, saat ini pihaknya masih terkendala dengan tenaga pendidik khusus muatan lokal serta literasi terkait dengan pengetahuan adat istiadat dan budaya Lampung.

“Kami juga meminta kepada MPAL Pesawaran, agar dapat menyiapkan literasi atau pengetahuan adat budaya Lampung yang akan disampaikan kepada para murid, serta dapat mensosialisasikan kepada para tenaga pendidik yang ada di sekolah-sekolah,” kata Hendri.

“Sejauh ini, di sekolah-sekolah muatan lokal budaya Lampung, baru sebatas bahasa Lampung dan aksara Lampung. Namun kalau untuk sejarah dan pengetahuan lainnya memang belum sampai kesitu, karena kita terbatas dengan tenaga pendidik yang spesifik memahami budaya Lampung,” pungkasnya. (Rama)