bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Jalan Terjal Artis ke Senayan dari Dapil Jateng, Hibur Warga hingga Semangati Pelaku UMKM

Selasa, 19 Maret 2024 16:40
    Bagikan  
A

A - Ashraff Abu, Samuel Wattimena, Nafa Urbach

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Merujuk rekapitulasi hasil penghitungan suara caleg DPR RI di Dapil Jawa Tengah, pada Sabtu 9 Maret 2024 lalu, ada sejumlah figur dari kalangan artis yang diprediksikan lolos ke Senayan periode 2024-2029 berdasarkan metode Sainte Lague.

Ada tiga artis yang berpeluang besar merebut kursi DPR RI, yaitu Ashraff Abu dari Partai Golkar yang bersaing Dapil Jateng X, Nafa Urbach (NasDem/Dapil Jateng VI) dan Samuel JD Wattimena (PDIP/Dapil Jateng I).

Lolosnya mereka ke kursi DPR RI dari Dapil tentu tak mudah. Nama besar atau popularitas belum menjamin seorang figur publik dengan gampang merebut hati pemilih. Banyak cerita artis yang terpental dalam kontestasi Pileg 2024, meskipun mereka adalah petahana dan punya nama.

Baca juga: Bank Jateng Gandeng Pemprov Gelar Mudik Asyik 2024, Apa Syarat-syaratnya?

Selama masa kampanye, berbagai jurus atau strategi dilancarkan mereka untuk merangkul masyarakat. Beberapa kiat yang dilakukan adalah mendekatkan diri dengan warga, misalnya mengikuti acara jalan sehat dan peningkatan SDM pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lewat workshop. Para caleg ini juga tak segan mengapresiasi produk dengan memborong jualan mereka.

Ashraff, pedangdut yang melejit di era 1990-an termasuk caleg yang membuat kejutan di Dapil Jateng X yang meliputi Batang, Pekalongan, Pemalang, dan Kota Pekalongan.

Pasalnya suami dari Bupati Pekalongan Fadia A Rafiq (putri legenda dangdut A Rafiq) ini meraup suara tertinggi dalam Pileg 2024 di dapil ini dengan capaian 177.436 suara. Ashraff menempati ranking kelima caleg dengan suara terbanyak se-Jateng.

Baca juga: Ini Langkah Pemkot Semarang dalam Pencegahan dan Penanganan Pasca-Banjir

Sebagai caleg, Ashraff Abu kerap menjalin interaksi dengan warga dengan ikut jalan sehat. Sesekali dia menghibur peserta dengan menyanyi di atas panggung.

Di Dapil ini, sejumlah artis juga mengadu perutungannya seperti komedian Narji (PKS) dan pedangdut Kristina (PAN). Namun sayang, suara mereka belum signifikan untuk melenggang ke Senayan.

Menyanyi

Bertarung di Dapil Jateng VI (Magelang, Purworejo, Temanggung, Wonosobo, dan Kota Magelang), penyanyi Nafa Urbach menjadi caleg dari kalangan artis yang berpeluang ke Senayan.

Dapil Jateng VI memiliki jatah 8 kursi DPR RI. Dalam Pemilu 2024 ini, pelantun ''Hatiku Bagai Terpenjara'' ini mengantong 67.652 suara berdasarkan rekapitulasi data KPU Jateng.

Sebagai caleg, Nafa sering turun gunung untuk menyapa pelaku UMKM yang menggelar stan. Sesekali jika ada bazar UMKM yang menyediakan grup band, dia suka menyumbangkan lagu.

Baca juga: Polisi Bongkar Prostitusi Online di Banyumas, Tiga Pelaku Ditangkap

''Semangat UMKM Wonosobo! Jangan Pernah Minder! Mbak Nafa Urbach mengajak pelaku UMKM di Wonosobo untuk tidak perlu minder! Kalian memiliki potensi yang besar dan harus berani bersaing dengan yang ada di kota-kota besar! Mari tunjukkan keberanian dan keunggulan kita, dan bangkit menjadi pelaku UMKM yang sukses!'' tulis Nafa yang punya akun Sedulur Nafa Urbach di FB.

Artis ketiga yang bakal masuk Senayan adalah desainer kondang Samuel Wattimena. Perancang busana yang pernah menjadi komentator acara Dangdut Academy itu meraih perolehan suara 67.812 di Dapil I yang meliputi Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kendal, dan Kota Salatiga.

PDIP sendiri mendapatkan dua kursi di dapil ini. Bung Sammy--panggilan akrabnya--menempati urutan kedua perolehan suara di caleg PDIP. Di dapil ini, artis lain yang nyaleg, yaitu Jamal Mirdad (Gerindra) dan Gita KDI (Perindo).

Baca juga: Cara Membuat QRIS All Payment untuk UMKM

Komunikasi itensif dengan pelaku UMKM juga dilakukan Sammy. Dia bukan saja berdialog menyerap aspirasi pelaku UMKM yang datang dari pelosok desa, tapi juga menggandeng bakul-bakul belanja di pasar tradisional untuk terlibat dalam fashion show, serta mengajak anak-anak muda di kampus untuk punya jiwa entrepreneurship.

''Kita punya banyak warisan budaya yang bisa kita gali, sebagai modal diplomasi dengan dunia luar. Saya ingin terus mendorong produk lokal kita bisa bersaing di pasar internasional,'' kata Samuel setiap bertemu pelaku UMKM di dapilnya. (Aji)