Tampil HUT ke-78 RI di Istana, Tari Melinting Mempesona Indonesia

Kamis, 17 Agustus 2023 22:05
(Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke- 78, Masyarakat Lampung menyumbangkan penampilan penari cantik asal Bumi Rua Jurai Lampung. Masyarakat Lampung sangat berbangga hati dengan tampilan tari di depan Presiden Republik Indonesia.

Puluhan penari cantik ini dengan lincah mempersembahkan kebolehan mereka di Istana Negara dengan menampilkan Tari Catik Melinting Lampung pada peringatan HUT ke-78 RI.

Mereka tampil sebelum upacara detik-detik Proklamasi dimulai. Aksi puluhan bocah tersebut memukau ribuan pengunjung. Di bawah pohon beringin depan Istana Negara tampak para penabuh gending Lampung mengiringi tarian yang dibawakan puluhan anak laki-laki dan perempuan.

Diiringi gending khas Lampung puluhan bocah ini dengan lincah meliuk-liukkan badan sambil memainkan kipas warna merah. Ribuan peserta upacara yang duduk di tribun mengabadikan indahnya tarian Catik Kipas Melinting memakai ponsel mereka.

Baca juga: Lagu Sang Bumi Ruwa Jurai Isi Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD RI di Senayan

Tepuk tangan mengiringi berakhirnya tarian asal Lampung Timur itu, para penari pun meninggalkan lapangan di halaman Istana Negara sambil berlari-lari dengan wajah gembira.

Meski pakaian penari tari melinting sudah di modifikasi, tetap ciri khas dari Lampung, mengenakan pakaian tapis asli Lampung.

Siger yang dikenakan penari perempuan juga sederhana. Siger Melinting dengan ciri khas rumbai-rumbai lebih mewah dan tentunya lebih berat bila dikenakan oleh anak-anak.

Berkat sumbangsih penari cilik, tari melinting nama Lampung moncer di tataran Nasional. (Wildan Hanafi)

Berita Terkini