Berbagai Tradisi Unik Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah di Indonesia

Sabtu, 14 September 2024 11:55
Berbagai Tradisi Unik Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah di Indonesia Antara

HELOINDONESIA.COM -

Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah akan jatuh pada tanggal 16 September 2024, untuk memperingatinya kalian bisa membagikan ucapan selamat maulid Nabi Muhammad SAW berikut ini.

Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diyakini lahir di Makkah pada hari ke 12 bulan Rabiul Awal tahun 570 Masehi.

Biasanya ada acara khusus yang diselenggarakan oleh umat muslim di seluruh dunia, di Indonesia sendiri ada berbagai tradisi yang dilakukan untuk menyambutnya.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah, Cocok Untuk Dikirim ke Saudara Sesama Mulim Atau Dijadikan Caption di Medsos Kalian !

  1. Tradisi Bungo Lado (Sumatera Barat)

Sumatera Barat ada tradisi tersendiri untuk memperingati Maulid Nabi. Tradisi itu bernama Bungo Lado yang digelar masyarakat di beberapa dari di Sumatera Barat, khususnya di wilayah Padang Pariaman.

Tradisi Bungo ini seperti infak tang diberikan orang-orang dengan beragam tujuan. Mulai untuk orang yang membutuhkan dan pembangunan sarana ibadah. Bungo Lado dibuat seperti pohon yang berdaun uang. Adapun uang yang dikaitkan ke pohon beragam nominalnya.

Baca juga: Rekomendasi 3 Makanan yang Bisa Buat Mood dan Semangat Kembali Pulih

  1. Tradisi Bale Sujl (Bali)

Tradisi unik ini dilakukan oleh masyarakat di Kampung Kepaon, Denpasar, Bali. Tradisi ini dirayakan dengan mengarak Bale Saji yang berisikan hiasan bunga dari telur dan kertas. Makna dari telur tersebut dilambangkan sebagai sebuah kelahiran.

Bale suji yang diarak itu, merupakan batang pohon pisang, lalu telur, dan beragam hiasan seperti bunga kertas dan diarak keliling kampung Islam. Namun, selain Bale Suji di beberapa kampung Islam di Bali juga ada yang merayakan Maulid Nabi dengan tradisi mirip dan nama yang berbeda.

Baca juga: 20 Link Twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H Tahun 2024 Gratis

  1. Tradisi Kars Ramang-ramang (Sulawesi Selatan)

Tradisi untuk memeriahkan Maulid Nabi yang sering dikenal masyarakat Sulawesi Selatan dengan nama Karst Rammang-ramang ini memang sedikit berbeda dengan di daerah lain di Indonesia. Tradisi ini dirayakan dengan mengarak ratusan makanan menggunakan perahu di sepanjang sungai.

Tradisi unik ini digelar di objek wisata karst Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Maros, Sulawesi Selatan. Adanya diadakan tradisi unik tersebut merupakan simbol
perwujudan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Kemudian memanjatkan rasa syukur atas nikmat sungai yang telah memberikan mata pencaharian.

Baca juga: Awas, Bungkus Makanan Panas Pakai Plastik Bisa Sebabkan Kanker Payudara !

Berita Terkini