Perpustakaan Kelurahan Miroto Semarang Jadi Pusat Belajar bagi Warga dan Siswa

Rabu, 14 Agustus 2024 20:59
Perpustakaan Kelurahan Miroto diharapkan jadi pusat belajar bagi masyarakat. Foto: Ist

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Aktivitas masyarakat di Kantor Kelurahan Miroto, Kecamatan Semarang Tengah, terlihat berbeda dari biasanya pada Rabu 14 Agustus 2024 pagi itu. Terlihat beberapa warga berkerumun di area rak buku dan meja yang ada di ruang depan pelayanan masyarakat itu.

Usut punya usut, ternyata sejumlah warga itu sedang memilah-milah buku dan sebagian lagi membaca buku, majalah dan koran yang ada di ruangan itu. Beragam buku bacaan ada di ruangan yang dikonsep sebagai perpustakaan itu.

Baca juga: Perkuat Kelola Kearsipan dan Kehumasan, Bawaslu Kota Semarang Gelar Pelatihan

Selain warga, tak jarang para siswa juga menyempatkan datang ke perpustakaan kelurahan sambil menunggu bel sekolah.

Lurah Kelurahan Miroto, Sigit Riyanto SSi mengatakan, aktivitas warga seperti itu bisa dilihat setiap harinya. Warga silih berganti berdatangan, hanya sekadar membaca atau meminjam buku yang dibutuhkan.


''Adanya perpustakaan desa atau kelurahan ini, merupakan komitmen untuk menjadi penerima manfaat program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) 2024, yang dilaksanakan Perpustakaan Nasional RI,'' kata Sigit.

Baca juga: Pengembang Puri Serahkan Fasum, Pemkot Semarang Berencana Lakukan Betonisasi

Menurut dia, pihaknya berkomitmen untuk menjalankan program ini, dengan menjadikan perpustakaannya sebagai pusat belajar masyarakat. Dia berharap, dengan dukungan sumber daya yang ada, serta partisipasi masyarakat, perpustakaan ini akan banyak manfaatnya.

''Kami juga memberikan layanan kepada masyarakat, termasuk pemberian layanan berbasis internet di perpustakaan. Selain itu, kami juga melakukan dokumentasi secara konsisten melalui Sistem Informasi Manajemen (SIM),'' pungkasnya. (Aji)

Berita Terkini