Edy Irawan Arief Ternyata Keturunan Sunan Gunung Jati

Jumat, 26 April 2024 18:43
Edy Irawan Arief Helo Lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Ketua DPD Partai Demokrat, DR. Edy Irawan Arief, SE.MEc yang digadang gadang maju sebagai calon Wakil Gubernur Lampung ternyata berdarah keturunan Sunan Gunung Jati.

Hal ini diungkapkan oleh Muhammad Junaidi ketua DPC Partai Demokrat.

Dalam literasi sejarah kita tahu bahwa Kesultanan Banten didirikan oleh Sunan Gunung Jati alias Maulana Syarif Hidayatullah penguasa Cirebon. Beliau kemudian menikah dengan Rara Santang putri dari Sri Baduga Prabu Siliwangi penguasa Kerajaan Pajajaran dan melahirkan Sultan Hassanudin Sultan Banten pertama.

Untuk menjaga trah Sunan Gunung Jati, maka dimasa kekuasaan Sultan Maulana Yusuf putra Sultan Hasanudin mulailah digunakan awalan Ratu Bagus untuk laki laki dan Ratu untuk perempuan. Sejak itulah semua keturunan Sunan Gunung Jati memiliki gelar kebangsawanan.

Berjalan waktu setelah Belanda kemudian meruntuhkan kesultanan Banten di tahun 1813 maka gelaran Ratu Bagus kemudian berubah menjadi Tubagus. Boleh jadi dikarenakan upaya belanda untuk meghancurkan trah Sultan Banten maka gelaran Ratu Bagus ini berubah menjadi Tubagus.

Tentu kita masih ingat Pemberontakan Kyai Tapa dan keponakannya Ratu Bagus Buang. Kyai tapa juga bernama Ratu Bagus Mustafa adik dari Sultan Zainul Arifin yang berkuasa ditahun 1740 an. Jadi gelaran Ratu Bagus atau Tubagus ini adalah gelar khusus bagi keturunan Sunan Gunung Jati.

Untuk diketahui bahwa kakek dari Gus Edy Irawan dari pihak ibu nya bernama Tubagus Haji Marhawi. Dari sisi gelar kakeknya ini bisa kita lihat bahwa beliau juga berdarah keturunan Sunan Gunung Jati.

Meski bukan keturunan dari genetik ayah karena dalam Islam meski segaris ayah tapi tetap didalam tubuhnya Gus Edy Irawan ini mengalir semangat Sunan Gunung Jati. Sebab berbeda dengan daerah diluar banten, penggunaan gelar tubagus tidak diperkenankan untuk sembarang orang yang tidak berkaitan dengan tras kesultanan banten. (Rls) 

 - 

Berita Terkini