Gelapnya Jalan Raya di Malam Hari Bisa Berisiko Kecelakaan 

Sabtu, 2 Maret 2024 23:52
Dampak jalan gelap, bisa berisiko bagi pengguna jalan. Pixabay

HELOINDONESIA.COM - Gelapnya jalan raya di malam hari menjadi ancaman serius bagi pengguna jalan. Kondisi ini meningkatkan risiko kecelakaan dan cedera yang serius.

Penelitian menunjukkan bahwa visibilitas yang rendah di malam hari mempersulit pengemudi untuk melihat jalan, rambu-rambu, dan penghalang lainnya, meningkatkan kemungkinan tabrakan dan kecelakaan berturut-turut.

Baca juga: Lantik Direktur Baru, Ditsuslat Fokus Penguatan Relevansi Kompetensi Instruktur dan Peserta Didik Kursus


Keadaan gelap ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk lampu jalan yang tidak berfungsi, minimnya penerangan jalan, dan kurangnya pemeliharaan infrastruktur jalan. 

Para ahli transportasi menekankan pentingnya penerangan jalan yang memadai untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan di malam hari.

Baca juga: Minum Air Putih 8 Gelas Sehari, Ini Manfaatnya, Simak!


Selain itu, gelapnya jalan raya juga meningkatkan risiko kejahatan jalanan, seperti perampokan dan pencurian kendaraan.

Kondisi ini menuntut tindakan pencegahan yang lebih baik dari pihak berwenang, termasuk peningkatan penerangan jalan dan pengawasan keamanan.

Untuk mengatasi bahaya gelapnya jalan raya, diperlukan upaya kolaboratif antara pemerintah, lembaga penegak hukum, dan masyarakat.

Baca juga: Doa Untuk Mengobati Diri Sendiri


Langkah-langkah seperti pemeliharaan rutin lampu jalan, instalasi penerangan tambahan di area rawan, dan peningkatan patroli keamanan dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan dan kejahatan di malam hari.

Berita Terkini