3 Doa Agar Terbebas dari Lilitan Hutang yang Mencekik

Selasa, 13 Februari 2024 07:13
Doa agar terhindar dari Hutang unsplash

HELOINDONESIA.COM - Hutang memang suatu hal yang tidak dianjurkan aalagi yang mengandung RIba.

Dalam firman-Nya surah Al-Baqarah ayat 275, "Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba."

Kendati demikian tuntutan ekonomi sering kali membuat orang terpaksa berhutang. Utang wajib hukumnya untuk dibayar atau dilunasi. Bahkan tidak boleh mengulur-ngulur waktunya.

Seperti Sabda Rasulullah saw. yang mengatakan “Orang kaya yang mengulur-ngulur bayar utang itu zalim …” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Jika terlanjur memiliki hutang maka berusahalah untuk segera melunasinya.

Berikut doa yang bisa diucapkan agar utang yang dimiliki bisa segera lunas.

Baca juga: Kedubes Amerika Serikat Apresiasi Kolaborasi USM Tingkatkan Reputasi Internasional

1. Doa Agar Segera Lunas Hutangnya.

Allahumma robbas-samaawaatis sab'i wa robbal 'arsyil 'azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A'udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih.

Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba'daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi 'annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an).

Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (H.R. Muslim).

Baca juga: Kedubes Amerika Serikat Apresiasi Kolaborasi USM Tingkatkan Reputasi Internasional

2. Doa dari lilitan Hutang

Allahumma inni a'udzu bika minal hammi wal hazan, wa a'udzu bika minal 'ajzi wal kasal, wa a'udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a'udzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijal.

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia."

3. Doa agar terhindar dari Hutang

Allahummak fini bi halalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka.

"Ya Allah! Cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu." (H.R. Tirmidzi).

Berita Terkini