3 Doa Sebelum Tidur agar Dilindungi dari Mimpi Buruk dan Gangguan Jin

Minggu, 28 Januari 2024 22:06
Doa tidur Freepik

HELOINDONESIA.COM - Malam adalah waktu untuk mengisyaratkan tu

buh dengan cara tidur. Tidur yang nyenyak tanpa gangguan mimpi buruk atau ganggu yang lain tentu menjadi hal yang diinginkan banyak orang.

Namun ada saja gangguan ketika tidur mulai dari mimpi buruk, gangguan orang-orang jahat, binatang atau gangguan mahluk halus yang kita tidak tahu.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebagai orang islam kita dianjurkan untuk berdoa memohon perlindungan dari Allah SWT, agar kita dilindungi saat kita tertidur.

Berikut ini beberapa do'a yang bisa kamu amalkan

1. Bacaan Doa Sebelum Tidur

Bismikallahumma ahya wa amuut.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan.”

Baca juga: 7 Tips Ampuh Cara Perbaiki Keyboard yang Rusak dengan Mudah

2. Dilindungi dari Mimpi Buruk

Nu’minu billahi natsiqu billahi naruddu umurana ilallahi wa hasbunallahu wa ni’mal wakilu wa la hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhim.

Artinya:

“Kami beriman kepada Allah, kami percaya kepada Allah, kami mengembalikan semua urusan kami kepada Allah, cukup bagi kami Allah, Dia adalah sebaik-baik penolong, dan tiada daya dan upaya melainkan hanya dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

3. Doa dilindungi dari Jin Setan dan Binatang

Allahumma gharatin nujum wa hadaatil 'uyun wa anta hayyun qoyyum ya hayyu ya qoyyum ahdi laili wa anim 'aini.

Artinya:

"Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah terpejam, Engkau adalah Dzat Yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri, Wahai Dzat yang Maha Hidup dan Wahai Dzat yang Maha Berdiri sendiri, tenangkanlah malamku dan lelapkanlah mataku."

Selain itu kamu juga dianjurkan untuk membaca ayat kursi agar senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Selain doa-doa tidur di atas, dianjurkan pula membaca surat Al Ikhlas, An Falaq dan An Naas ketika sebelum tidur. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari ibu ‘Aisyah RA:

“Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam biasanya ketika akan tidur di setiap malam, beliau menyatukan kedua telapak tangan kemudian meniup keduanya dan membaca Qul huwallahu’ahad dan Qul a’udzubi rabbil falaq dan Qul a’udzubirobbin nass. Kemudian mengusap tubuh dengan keduanya semaksimal mungkin, dimulai dari kepala dan wajahnya, serta bagian depan tubuhnya. Hal itu dilakukan sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari)

Berita Terkini