Bang Japar Komando Wilayah Sukoharjo Gelar Aksi Donor Darah

Minggu, 28 Januari 2024 18:31
Kegiatan donor darah menjadi salah satu program kerja rutin Bang Japar Komwil Sukoharjo bekerjasama dengan Palang Merah lndonesia (PMI). Foto: Heloindonesia

HELOINDONESIA.COM - Donor darah merupakan kegiatan yang sangat mulia yang bertujuan bukan semata-mata untuk membantu warga yang membutuhkan, namun juga mengharap ridha dari Allah SWT.

Demikian dikatakan Ketua Bang Japar Komwil Sukoharjo, Slamet Guteres saat membuka acara donor darah yang digelar di rumah Marsudi Kampung Majan, Rt O1/03, Pondok, Nguter Sukoharjo, Minggu (28/1/24).

Kegiatan donor darah menjadi salah satu program kerja rutin Bang Japar Komwil Sukoharjo bekerjasama dengan Palang Merah lndonesia (PMI) Cabang Sukoharjo.

"Aksi donor darah ini untuk melatih dan membentuk jiwa kemanusiaan para anggota dan masyarakat di sekitarnya, yang selalu siap sebagai pendonor agar bisa memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama," jelas Guteres.

Baca juga: Rekomendasi Minuman yang Cocok Hangatkan Tubuh

Kegiatan donor darah diikuti anggota Bang Japar dan warga sekitar lokasi yang dihadiri dari Polsek Nguter Iptu Raharjo, Aiptu Singgih, Aiptu Rohmad dan dari Koramil Nguter Sertu Handoko. 

Iptu Raharjo menyampaikan pesan bagi anggota Bang Japar agar turut serta menjaga kondusifitas kamtibmas untuk kesuksesan Pemilu 2024 yang akan datang sehingga tercipta situasi aman dan damai, jelasnya.

Rahman Ardianto Sekertaris Bang Japar saat dijumpai menyampaikan bahwa, donor darah kali ini terselenggara atas kerja sama antara Bang Japar Komwil Sukoharjo menggandeng PMI Cabang Sukoharjo

Baca juga: 4000 Buah Dibagikan Gratis ke Warga, Festival Durian Jatinom Kembali Digelar

Target darah yang diambil dari PMI terbatas sampai 35 kantong saja. Selebihnya pendonor dipersilakan datang di kantor PMI Cabang Sukoharjo untuk pengambilan darahnya.

Dengan slogan“Ayo Donor Darah, Kita Sehat Mereka Selamat, Setetes Darahmu Penyambung Hidupku”, acara pengambilan darah dimulai pukul 08.00 sd 12.00 WIB.

Hasilnya 27 orang pendaftar dan dapat diambil 26 orang terdiri Golongan A: 9, B : 6, O : 9. Ab : 2 dan 1 ditolak alasan saat ini masih minum obat.

Baca juga: Tengok Desa Wisata Banyuanyar, Nikmatnya Seruput Kopi hingga Tetes Terakhir

Salah satu peserta panggil Djeto menyatakan bahwa dirinya sangat senang bisa mengikuti donor darah secara rutin.

Dia mengaku sudah 22 kali telah menyumbangkan darahnya melalui kegiatan kemasyarakatan ini.

"Saya berharap semoga kegiatan ini terus berlanjut dan bermafaat bagi masyarakat yang membutuhkan," tandasnya.

Berita Terkini