Helo Indonesia

Mengungkap Mitos dan Fakta, Seputar Cara Perawatan dan Bahan Alami Pemutih Gigi Anda

Syahroni - Ragam
Selasa, 8 Agustus 2023 20:27
    Bagikan  
Ilustrasi
pixabay

Ilustrasi - Mitos dan fakta seputar perawatan gigi putih cemerlang.

HELOINDONESIA.COM - Memiliki gigi putih bersih cemerlang adalah impian semua orang. Untuk mendapatkannya, banyak orang melakukan berbagai cara yang dapat mereka temukan baik itu di media sosial atau pun saran teman.

Padahal yang patut diketahui, prosedur pemutihan gigi tidak bisa dilakukan sembarangan. Alih-laih mendapatkan gigi bersih cemerlang, gigi Anda malah rusak jadinya.

untuk menghindari bencana ini menimpa Anda, berikut kami rangkung berbagai mitos dan fakta seputar perawatan untuk mendapatkan gigi putih alami.

Baca juga: Meski Terkesan Kuno, Sikat Gigi dengan Kayu Siwak Punya Banyak Manfaat Loh

1. Buah

Mitos:

Pendekatan ini menyatakan bahwa Anda dapat membuat gigi Anda lebih putih dan cerah menggunakan bahan pokok rumah tangga yang secara alami bersifat asam (seperti lemon, jeruk, cuka sari apel), mengandung enzim pencernaan (seperti nanas atau mangga), dan sesuatu yang bersifat abrasif (seperti soda kue).

Fakta:

Saat dimakan seperti biasa, buah adalah pilihan yang bagus. Namun, buah dan cuka mengandung asam, dan Anda membuat putih mutiara Anda berisiko saat Anda memperpanjang kontaknya dengan gigi atau menggunakannya untuk menggosok gigi.

Ini terjadi karena asam dapat mengikis enamel Anda. Enamel adalah lapisan luar tipis gigi Anda yang melindungi Anda dari sensitivitas gigi dan gigi berlubang.

2. Scrub

Mitos:

Metode ini mengklaim bahwa menggosok gigi dengan bahan-bahan seperti arang aktif atau pasta soda kue-hidrogen peroksida akan membuat senyum Anda kembali bersinar.

Fakta:

Tidak ada bukti yang menunjukkan produk gigi dengan arang aman atau efektif untuk gigi Anda, menurut Journal of American Dental Association edisi September 2017.

Selain itu, penggunaan bahan yang terlalu abrasif pada gigi justru bisa membuatnya terlihat lebih kuning. Enamel adalah apa yang ingin Anda putihkan, tetapi jika Anda menggunakan scrub yang terlalu kasar, Anda sebenarnya bisa menghilangkannya.

Baca juga: 8 Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Bahan Alami

Ketika itu terjadi, lapisan berikutnya dari gigi Anda dapat terekspos – jaringan kuning yang lebih lembut yang disebut dentin.

Sebagai gantinya, pilihlah pasta gigi pemutih dengan ADA Seal of Acceptance. The Seal memberi tahu Anda bahwa pasta gigi yang Anda pilih aman, efektif, dan tidak akan merusak gigi Anda.

3. Rempah-rempah dan Minyak

Mitos:

Minyak kumur seperti minyak kelapa di mulut (oil pulling) atau menggunakan bumbu seperti kunyit dapat membantu memutihkan gigi.

Fakta:

Tidak ada bukti ilmiah yang dapat dipercaya untuk menunjukkan minyak menarik atau kunyit memutihkan gigi. Simpan minyak dan rempah-rempah untuk makanan sehat sebagai gantinya.

Baca juga: Studi: Kesehatan Gigi yang Buruk Dapat Menyebabkan Penyusutan Otak yang Mempengaruhi Daya Ingat

Cara Merawat Gigi agar Tetap Putih Cemerlang

Cara alami terbaik untuk menjaga gigi tetap putih adalah kebiasaan sehat sehari-hari, termasuk:

  • Menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit
  • Gunakan pasta gigi pemutih dengan ADA Seal of Acceptance
  • Membersihkan sela-sela gigi sekali sehari
  • Membatasi makanan yang menodai gigi, seperti kopi, teh, dan anggur merah
  • Tidak merokok atau menggunakan tembakau
  • Kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan pembersihan