bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tak Hanya Bisa Menambah Cairan Tubuh, Berikut Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Kamu

Syahroni - Ragam
Jumat, 4 Agustus 2023 20:29
    Bagikan  
Ilustrasi
pixabay

Ilustrasi - Manfaat minum air hangat untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Setiap orang harus minum air putih setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun perlu diketahui bahwa meminum air hangat tak hanya membantu memberikan cairan pada tubuh, tapi juga dapat memberikan manfaat kesehatan lain pada tubuh kita.

Sebagian orang lebih menyukai meminum air hangat karena tahu akan manfaatnya. Selain itu, para dokter pun lebih menyarankan untuk meminum air hangat daripada air es karena dianggap memiliki khasiat yang beragam.

Berikut adalah manfaat air hangat bagi kesehatan.

1. Meredakan radang tenggorokan

Ketika sedang mengalami radang tenggorokan, pada bagian belakang mulut akan terasa sakit. Dengan meminum air hangat, maka dapat memperlancar peredaran darah pada area radang tersebut sehingga dapat meredakan gejala radang tenggorokan.

Baca juga: Manfaat Mandi Air Hangat Setelah Aktivitas, Baik Bagi Kesehatan

2. Melegakan hidung tersumbat

Meminum air hangat dapat meredakan hidung tersumbat, hal ini karena air hangat menghasilkan uap yang dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat.

Kita dapat menghirup uap tersebut secara perlahan agar dapat memperlancar penapasan.

3. Memperlancar proses pencernaan

Meminum air hangat dapat memperlancar proses pencernaan makanan bahkan mampu mempermudah buang air kecil atau besar.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, anda bisa meminum air hangat ketika perut kosong belum mengkonsumsi apapun. Hal ini berguna untuk meningkatkan pergerakan usus dan membuang gas dari dalam tubuh.

Selain itu, meminum air hangat sangat dianjurkan bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan, karena air hangat dapat membakar lemak di dalam tubuh.

4. Menghilangkan rasa nyeri

Meminum air hangat dapat membuat otot - otot yang kaku menjadi rileks kembali. Karena itu, air hangat dianggap bisa meredakan rasa nyeri akibat kram perut.

Baca juga: Keramas Pakai Air Dingin atau Hangat, Mana yang Lebih Baik?

5. Meningkatkan peredaran darah

Tubuh yang sehat didukung peredaran darah yang sehat. Diketahui bahwa dengan meminum air hangat dapat meningkatkan peredaran darah.

Hal ini terjadi karena ketika kita meminum air hangat, rasa hangat tersebut akan direspon oleh tubuh yang membuat aliran darah menjadi meningkat.

6. Mengeluarkan racun dari tubuh

Saat meminum air hangat, maka suhu dalam tubuh akan meningkat sehingga membuat tubuh berkeringat. Berkeringat membantu tubuhmu untuk mengeluarkan racun, selain dikeluarkan melalui buang air kecil dan besar.

7. Mengatasi sembelit

Sembelit dapat terjadi akibat kurangnya air di dalam tubuh sehingga tidak ada pergerakan usus. Minum air hangat dapat membantu meningkatkan suhu dan merangsang pergerakan peristaltik usus.

Selain memberikan cairan pada tubuh, meminum air hangat juga dapat memperlancar buang air besar sehingga bisa mengatasi sembelit.

Baca juga: Rutin Minum Cokelat Hangat di Pagi Hari dan Rasakan 9 Manfaat Kesehatan Berikut Ini

8. Meredakan nyeri haid

Minum air hangat dapat bermanfaat untuk meredakan nyeri haid, karena rasa hangat dari air akan membuat otot perut menjadi lebih rileks.

Selain dengan minum air hangat, kita juga dapat mandi air hangat atau melakukan kompres hangat untuk mengurangi nyeri haid. Kompres air hangat ini akan membantu mengendurkan ketegangan serta menenangkan otot perut.

9. Meredakan batuk berdahak

Batuk merupakan respon alami dari tubuh untuk mengeluarkan kuman atau benda asing dari saluran pernapasan. Agar lebih mudah mengeluarkannya, saluran pernapasan akan mengeluarkan lendir sehingga terjadilah batuk berdahak.

Meminum air hangat bisa menjadi salah satu cara alami untuk meredakan batuk berdahak karena mampu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Itulah manfaat meminum air hangat bagi kesehatan tubuh. Dengan membiasakan meminum air hangat secara berkelanjutan maka dapat mencegah berbagai macam penyakit.