Helo Indonesia

Siap-Siap, 20 Even Gen Z Ekspresikan Musik and Talks dalam Eco Friendly

Nabila Putri - Ragam
Rabu, 12 Juli 2023 10:46
    Bagikan  
Bang Een

Bang Een - (Foto Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Mochammad Nashir Badri alias Bang Een, penggiat seni dan lingkungan hidup, membidik Gen-Z lewat 20 even Music&Talks bertema Eco Friendly di setiap kecamatan di Kota Bandarlampung mulai pertengahan Juli ini.

"Gebrakan pertamanya di Kecamatan Tanjungsenang. Selanjutnya, insya Alloh, kita akan adakan even ini di setiap kecamatan di Kota Bandar Lampung," ujar pria ramah ini kepada Helo Indonesia Lampung, Rabu (12/7/2023).

Dijelaskannya, Even Gen-Z Music&Talks akan menjadi media ekspresi para Gen-Z dalam bentuk seni dan diskusi. Setiap audiens bebas mengekspresikan kepedulian, keingintahuan, pemahaman, dan kepedulian mereka terhadap lingkungan lewat musik dan diskusi, ujarnya.

"Kami selaku penggiat akan menfasilitasi dan memberi arahan saja dalam kegiatan tersebut. Karena ruang ekspresi yang bebas dan terarah adalah hal penting dalam proses pemahaman dan ketertarikan adik-adik Gen-Z mengenai isu lingkungan ini," tambah Awal Saptono, floor director even ini.

Baca juga: Sekdaprov Lampung: Perpustakaan Harus Bertransformasi Agar Tetap Eksis dan Tidak Ditinggalkan

Nurhadi, penggiat "Hijau Itu Kita" yang berperan sebagai co-producer dalam even ini menargetkan 100 peserta agar efektivitas dan berkualitas. "Kita akan siapkan fasilitas dan akomodasi pendukung seperti sound system, peralatan musik, serta ruang yang representatif, termasuk juga konsumsi dan prize untuk para peserta even," ujarnya.

Gen-Z Music&Talks akan diramaikan pula oleh kehadiran penggiat-penggiat seni kondang yang akan menjadi motivator bagi para peserta, antara lain Dana E. Rahmat dan Edy Samudra Kertagama.

Dana E Rahmat adalah perupa yang telah menghasilkan ribuan karya, sebagian besar diantaranya bertema alam. Sedangkan Edy Samudera Kertagama adalah sastrawan yang banyak menciptakan puisi dan karya sastra lainnya, sebagian juga mengambil alam sebagai tema ekspresinya.

Baca juga: HUT IGTKI dan PGRI Momentum Guru PAUD Meningkatkan Komptensi

"Bahkan, mas Edy belum lama ini berkolaborasi dengan saya dalam kegiatan Lomba Baca Puisi Hijau untuk pelajar. Dan beliau secara khusus menciptakan puisi berjudul Hikayat Daun-daun Hijau yang bertema lingkungan sebagai puisi wajib yang dibacakan para Gen-Z dalam ajang tersebut," kata Nashir Badri.

Even Gen-Z Music&Talks juga akan memberikan ruang ekspresi bagi seniman muda. Dalam even kali ini, seorang musisi muda bernama Kreshna Mahendra yang tengah merintis karir seninya akan tampil sebagai music host, di mana ekspresi seni musik para Gen-Z akan dikolaborasikan dengan music skill and taste milik Kreshna.

Acara juga akan dipandu oleh seorang gen-Z berbakat, Yahya Nursasongko. "Kita berupaya pula untuk menciptakan ruang mengasah kreativitas dan kapasitas para Gen-Z dengan mengedepankan isu lingkungan," jelas Awal Saptono. (HBM)