Helo Indonesia

Meski Tak Bisa Berkomunikasi, 13 Pertanda Berikut Ini Bukti Kasih Sayang Kucing Kepada Pemiliknya

Syahroni - Ragam
Jumat, 2 Juni 2023 21:52
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - Kenali 13 tanda yang diberikan kucing anda.

HELOINDONESIA.COM - Kucing sering dicap sebagai makhluk penyendiri yang kerap menghabiskan hari-harinya untuk merencanakan untuk bikin susah manusia yang mengurusnya. Namun karakteristik itu sangat jauh dari kebenaran.

Faktanya, teman kucing kita terus-menerus mengomunikasikan perasaan kasih sayang mereka kepada kita, baik melalui kumis, ekor, wajah, atau bahasa tubuh mereka.

Dalam buku barunya, Kitty Language: An Illustrated Guide to Understanding Your Cat, penulis Lili Chin - dengan bantuan ahli perilaku hewan - menjelaskan cara menginterpretasikan gerakan hewan peliharaan Anda. Di bawah ini adalah beberapa perilaku yang paling umum dan apa yang dapat mereka isyaratkan.

1. Menyemprotkan urine ke dinding/benda

Ini menandakan bahwa kucing Anda merasa stres atau tidak pasti, mungkin mengikuti perubahan pada lingkungannya. Dengan memoles aromanya sendiri, ia mencoba membuat kawasan itu terasa seperti rumah kembali.

2. Menggosok wajahnya ke dinding atau benda/menggunakan kuku mencakar

Kucing Anda sebenarnya mentransfer sinyal kimiawi dari kelenjar wajah dan kakinya sehingga ia merasa nyaman berada di ruang tersebut. Ini akan menangkap sinyal yang ditinggalkannya saat kembali. Ini memberikan keakraban dan kenyamanan saat memberi tahu kucing bahwa ia pernah ke sana sebelumnya atau tinggal di sana.

3. Mengibaskan ekornya

Sementara anjing mengibas-ngibaskan ekornya saat sedang bersemangat, kucing yang mengibaskan ekornya dari satu sisi ke sisi lain bisa berarti ia kewalahan, terlalu terstimulasi, atau frustrasi. Itu bisa berarti bersemangat juga, tergantung pada konteksnya.

4. Menggerakkan kumis ke depan

Bahkan gerakan kecil kumisnya dapat menunjukkan suasana hati kucing. Saat mereka menyebar ke depan dan menjauh dari wajah, kucing tersebut dalam keadaan penasaran atau bersemangat. Mungkin juga mengukur jarak antara dirinya dan objek terdekat.

5. Kumis didorong ke belakang

Namun saat kumis didorong ke belakang dan disatukan, teman berbulu Anda mungkin merasa cemas atau kewalahan, dan tidak ingin kumisnya disentuh.

6. Ekor yang bergetar

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ketika kucing Anda menyapa Anda atau menggosok kaki Anda, ekornya mengarah ke langit dan bergetar atau bergetar. Ini berarti merasa sangat bahagia, pusing atau bersemangat. Dengan kata lain, mereka sangat senang melihat Anda dan menerima pukulan atau goresan yang bagus.

7. Telinga rata

Petunjuk visual lainnya lebih jelas, termasuk telinga yang rata dan mengarah ke bawah, yang berarti kucing tersebut ketakutan atau cemas dan tidak ingin didekati.

8. Cemas

Tanda-tanda kecemasan lainnya termasuk berjongkok di dekat tanah sambil menjaga ekornya tetap rendah atau ditekuk. Ini berarti kucing memprediksi bahaya atau ketidaknyamanan yang akan datang.

9. Tidak ada ketegangan

Di sisi lain, Anda dapat mengetahui bahwa kucing Anda senang dan puas saat tidak ada ketegangan di tubuh atau wajahnya dan bantalan kakinya tidak menyentuh tanah. Tubuh akan terlihat lembut dan lentur, menandakan kucing sedang dalam keadaan rileks.

10. Bergerak dengan percaya diri

Dan anak kucing yang percaya diri akan melangkah maju dengan kepala setinggi bahu atau lebih tinggi dan ekornya dalam posisi tinggi dan melengkung lembut. Ini menandakan suasana hati yang bersahabat dan terasa nyaman.

11. Sikap menguntit

Saat tubuh kucing Anda rendah ke tanah dengan leher terentang ke depan, ini berarti dia sedang mengintai sesuatu. Hewan peliharaan Anda kemungkinan besar akan terpaku pada sesuatu dan akan menghitung jarak antara dirinya dan objek sebelum memutuskan apakah akan menerkamnya atau tidak.

12. Takut

Kucing juga ketakutan, dan mereka akan mengecilkan diri untuk mencerminkan fakta itu. Mereka melakukan ini dengan berjongkok dan menyelipkan kepala dan anggota badan mereka, sambil menjaga keempat bantalan kaki tetap di tanah. Pupil mereka juga akan melebar.

13. Merasa tidak yakin

Jika kucing Anda berhenti bergerak dan mengambil posisi sedikit berjongkok sambil menjaga kepalanya di bawah ketinggian bahu, kemungkinan besar ia merasa ragu atau berhati-hati. Anggota tubuhnya juga akan terselip saat memutuskan apakah akan mendekat atau mundur.