Helo Indonesia

Mimpi Potong Rambut Menurut Primbon Jawa dan Bali, Simak Maknanya

Ruru - Ragam
Kamis, 1 Juni 2023 20:56
    Bagikan  
Potong Rambut
Istimewa

Potong Rambut - Ilustrasi potong rambut

HELOINDONESIA.COM - Mimpi seringkali hanya dianggap sebagai bunga tidur, pemanis tidur, ataupun hiasan tidur. Namun ada juga yang menganggap jika mimpi merupakan pertanda dari sesuatu yang akan terjadi dalam kehidupan.

Ada yang menganggap mimpi itu membawa pertanda baik maupun buruk.

Dalam kepercayaan masyarakat Bali, jika ada yang mengalami mimpi buruk dan mimpi itu juga dianggap pertanda buruk, maka mereka akan keramas.

Dipercaya dengan keramas dapat menghilangkan aura-aura negatif dalam diri. Dan sebagian orang percaya, dengan keramas pertanda buruk yang terjadi dalam mimpi tersebut tidak menjadi kenyataan.

Selain keramas, ada juga yang melakukan prosesi melukat, karena tujuan dari melukat adalah pembersihan diri dan melebur mala atau hal buruk dalam diri.

Ada banyak mimpi yang kerap diperbincangkan oleh masyarakat. Salah satunya adalah mimpi memotong rambut atau bercukur. Apakah makna mimpi memotong rambut menurut Hindu?

Dalam primbon Hindu Bali, mimpi potong rambut dianggap sebagai mimpi yang buruk. Dipercaya mimpi ini adalah pertanda akan datangnya penyakit. Selain bermakna datangnya penyakit, juga sebagai pertanda kemalangan atau keletehan.

Hal ini dikarenakan rambut dianggap sebagai mahkota tubuh, sehingga memotong rambut sama dengan memotong mahkota tubuh. Selain itu, dalam adat Hindu, bercukur juga dipercaya menimbulkan kecuntakan. Dalam kepercayaan Hindu khususnya di Bali, hal yang sifatnya memotong apalagi yang berkaitan dengan tubuh merupakan pertanda yang tidak baik.

Jangankan bermimpi memotong rambut, bermimpi melihat gunting saja sudah dianggap sebagai pertanda kurang baik. Biasanya hal ini terjadi karena melanggar pantangan atau pamali.

Selain mimpi mencukur rambut, mimpi rambut rontok dan putus juga disebut sebagai pertanda kurang baik. Dimana arti dari mimpi ini yakni akan menemui kesedihan dan membuat kesusahan.

Sejalan dengan arti mimpi potong rambut menurut Hindu, menurut Primbon Jawa mimpi potong rambut atau memotong rambut seseorang merupakan sebuah pertanda yang buruk.

Dipercaya jika terjadi mimpi tersebut maka akan ada kerabat yang tiba-tiba meninggal, secara tidak sengaja terjatuh atau kecelakaan, dan masih banyak lagi. Konon, arti mimpi potong rambut poni biasanya akan mendapat penyakit dalam waktu dekat.

Sementara itu, menurut psikologi, mimpi rambut dipotong oleh orang lain menggambarkan perasaan yang sebenarnya, misalnya merasa tengah dimanipulasi atau dikontrol oleh orang lain.**