Helo Indonesia

Dalih Even Pihak Lain, Kadispar Pesawaran Tak Libatkan Adat

Nabila Putri - Ragam
Sabtu, 27 Mei 2023 10:36
    Bagikan  
Kadis Pariwisata Kabupaten Pesawaran Anggun Saputra

Kadis Pariwisata Kabupaten Pesawaran Anggun Saputra - Foto: Ist

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pesawaran Anggun Saputra mengatakan sudah berupaya melibatkan masyarakat adat dalam even atau kegiatan dinasnya.

Namun, katanya, kerap terkendala penangannya telah diserahkan kepada pihak ketiga atau vendor. "Sehingga, kami kesulitan memasukkan masyarakat adat buat mewarnai kegiatan-kegiatan pariwisata tersebut," katanya.

Menurut Anggun Saputra, seperti kedatangan Putri Indonesia, Dinas Pariwisata tak dapat melakukan apa-apa karena even tersebut di luar kewenangan Dispar walau sebagai tuan rumah. "Sudah kita usulkan, tapi kita kesulitan," ujarnya.

Ketika kedatangan Menteri Sandiaga Uno, Dispar juga tak dapat berbuat banyak karena murni kegiatan kementerian yang telah diserahkan kepada vendor, kata Anggun Saputra, Sabtu (27/5/2023).

Dalihnya, pihaknya telah berupaya mengundang perwakilan masyarakat adat, namun Kementrian Pariwisata tidak memberikan akses untuk mengundang masyarakat adat karena dalam kegiatan tersebut Kabupaten Pesawaran hanya ketempatan acara.

Dia mohon maaf dan siap salah. Anggun Saputra berjanji akan melibatkan masyarakat dan muatan lokal buat kegiatan-kegiatan nantinya.
"Masih banyak program lanjutan setelah ini, nanti di kegiatan lainnya kami akan melibatkan masyarakat adat," pungkasnya. (Randy)