bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Fakta-Fakta Tentang Paus Fransiskus Nama Aslinya Bukan Pope Francis Tetapi ini

Malda - Ragam
3 jam 50 menit lalu
    Bagikan  
Foto
X @solusibuku.com

Foto - Paus Fransiskus

HELOINDONESIA.COM -

Pope Francis atau Paus Fransiskus sudah mendarat di Indonesia, Selasa (3/9/2024) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten sekitar pukul 11.30 WIB.

Pemimpin Gereja Katolik Dunia itu menjadi Paus ketiga yang datang ke Indonesia setelah terakhir kali Paus yang pernah melakukan kunjungan ke Indonesia adalah Paus Paulus VI pada tahun 1970, dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989. 

Jadi Paus Fransiskus harus menanti 35 tahun untuk bisa hadir ke Indonesia dan tentu dengan kehadirannya ini perlu diapresiasi dan patut dibanggakan.

Baca juga: Paus Fransiskus Tiba di Indonesia : Ini Menjadi Penerbangan Terpanjang yang Pernah Saya Lakukan

Namun kalian yang belum mengetahui fakta-fakta tentang Paus Fransiskus berikut beberapa fakta tentang pemimpin umat Katolik tersebut yang dikutip dari akun X @solusibukucom

  • Paus Fransiskus mempunyai nama asli Jorge Mario Bergoglio. Beliau lahir di Flores, sebuah daerah di tengah kota Buenos Aires, Argentina pada 17 Desember 1936 (87 tahun).
  • Sebelum menjadi pastor/romo, Bergoglio menempuh pendidikan di sekolah menengah teknik Escuela Técnica Industrial Nº 27 Hipólito Yrigoyen dan lulus sebagai diploma teknisi kimia. Beliau lalu bekerja sebagai sebagai ahli kimia di laboratorium makanan Hickethier-Bachmann.
  • Tahun 1969, setelah 11 tahun menempuh pendidikan akhirnya Bergoglio ditahbiskan alias resmi menjadi pastor/romo Jesuit. 19 tahun kemudian, Pastor Bergoglio dipilih menjadi Uskup Agung (kalau di pemerintahan ini setara gubernur) Metropolitan Buenos Aires.

    Baca juga: Paus Fransiskus (Pope Francis) Tiba di Indonesia, Gunakan Pesawat Komersil, Naik Mobil Innova dan Menginap di Kantor Kedutaan

  • Perjalanan keimanan Pastor Bergoglio berlanjut hingga pada tahun 2013, beliau terpilih menjadi Paus. Pastor Bergoglio terpilih menjadi Paus di usianya yang ke 76. Beliau menjadi Paus Yesuit pertama, sekaligus Paus pertama dari Amerika Selatan.
  • Pastor Bergoglio kemudian memilih nama “Fransiskus” sebagai nama kepausannya, kini ia dikenal sebagai Paus Fransiskus. Paus Fransiskus terkenal akan kerendahan hari, kepedulian terhadap orang miskin, dan komitmen terhadap dialog antaragama.
  • Kelihatan kan dari pilihan mobil yang beliau pilih di Indonesia (Innova), tidak menggunakan jet pribadi, dan tidak menggunakan hotel selama di Jakarta. Di Vatican, Paus Fransiskus juga menolak tinggal di Istana Apostolik dan tinggal di apartemen seperti pejabat Vatikan umumnya.

    Baca juga: Lyodra Akan Menyanyi di Misa Kudus Bersama Paus Fransiskus, Tanggal 5 September 2024