bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pameran Bonsai Merdeka di Tangsel, Benyamin; Ajang Apresiasi Seni dan Lingkungan Hidup

M Ridwan - Ragam
2 jam 25 menit lalu
    Bagikan  
Bonsai-
Ist

Bonsai- - Pameran ini diikuti oleh 625 peserta yang berasal dari berbagai wilayah, termasuk Tangerang Raya, Bogor, Depok, Bekasi, Surabaya, Sumatera, dan Kalimantan.

HELOINDONESIA.COM - Pameran Bonsai Merdeka 2024 yang digelar di Alun-Alun Pamulang, Tangerang Selatan menyita perhatian masyarakat. Pameran yang rencananya digelar hingga Minggu (01/09/2024) ini menghadirkan ratusan bonsai dari seluruh Indonesia.

Acara yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Tangerang Selatan ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia dan menjadi magnet baru bagi para pecinta bonsai.

Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, yang juga menggemari seni bonsai, hadir untuk melihat berbagai jenis bonsai.

Usai berkeliling melihat berbagai jenis bonsai, Benyamin menyebut bahwa bonsai sebagai mahakarya yang menggabungkan seni, ketelitian, dan kecerdasan manusia.

Baca juga: Tiga Kartini Kemendikbudristek Raih Penghargaan Humas Indonesia

"Bonsai itu sebuah mahakarya. Dia merangkum seni, ketelitian, kesabaran, ilmu, dan banyak hal, sehingga didapat sebuah ciptaan Tuhan yang dipadu dengan kepintaran dan kecerdasan manusia, akhirnya jadi luar biasa. Saya juga menggemari bonsai, walaupun belum sempat terjun langsung ke bidang ini. Mungkin nanti, setelah pensiun," ujar Benyamin pada Sabtu (31/08/2024).

Pameran ini diikuti oleh 625 peserta yang berasal dari berbagai wilayah, termasuk Tangerang Raya, Bogor, Depok, Bekasi, Surabaya, Sumatera, dan Kalimantan.

Selain pameran, juga digelar kontes bonsai. Terdapat dua kelas yang dilombakan, yakni Kelas Bahan dan Kelas Matang. Acara ini juga menyediakan bursa penjualan agrobisnis tanaman bonsai dan berbagai perlengkapannya seperti pupuk, pot, dan alat perawatan lainnya, yang menarik minat masyarakat umum.

Tidak hanya menjadi ajang unjuk keindahan bonsai, kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk meraih berbagai hadiah menarik, termasuk doorprize utama berupa satu unit sepeda motor, serta hadiah lain seperti kulkas dan kipas angin.

Baca juga: Berserah diri kepada Allah

Selain itu, pemenang dalam kontes bonsai berhak menerima Trophy Wali Kota Tangerang Selatan.

Terakhir, Benyamin juga mengajak masyarakat untuk menggemari bonsai sebagai bagian dari upaya memperindah lingkungan hidup di Tangerang Selatan.

"Untuk masyarakat Tangerang Selatan, yok mari kita gemari bonsai untuk lingkungan hidup di Kota Tangerang Selatan," ajaknya.

Baca juga: Menparekraf: Ekonomi Kreatif Indonesia Harus Semakin Inklusif

Pameran Bonsai Merdeka diharapkan dapat menjadi event tahunan lebih besar lagi dan bertaraf nasional yang didukung oleh Dinas Pariwisata dan Dinas Pertanian Kota Tangerang Selatan, serta menjadi ajang yang tidak hanya memperkaya budaya lokal tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif dan pariwisata di kota ini.