Helo Indonesia

Genjot Penghijauan Kota Demi Wujudkan Jakarta Sebagai Kota Global dan Ramah Lingkungan, Jakarta Gelar Pameran Flona 2024

Aris Mohpian Pumuka - Ragam
Sabtu, 6 Juli 2024 23:03
    Bagikan  
Pameran Flona 2024
heloindonesia

Pameran Flona 2024 - Pj Gubernur Heru membuka Pameran Flona 2024.

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Tak putus asa gelorakan penghijauan dan menciptakan kota Global yang ramah lingkungan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Pameran Flora-Fauna (Flona) 2024 selama sebulan, pada 5 Juli hingga 2 Agustus 2024 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Prestasi Jakarta sendiri, hingga kini telah berhasil menambah 6.560.396 tanaman vegetasi. "Pameran ini digelar masih dalam rangkaian memeriahkan HUT Jakarta ke-497," kata Pj Gubernur DKI Jakarta saat membuka pameran Flona, pada Jumat (5/7) di Lapangan Banteng. 

Heru berharap, kegiatan ini akan semakin memperkuat visi Jakarta untuk menjadi kota global yang ramah lingkungan. Di tengah gencarnya pembangunan, Jakarta tetap menjadi kota global yang hijau, indah, dan nyaman bagi masyarakatnya.

Dia berterimakasih kepada Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta, serta pihak-pihak terkait yang telah menyelenggarakan pameran ini. 

Baca juga: Cah Kawedanan Magetan Terguling-guling Tikungan Eksrem Jalan Tembus Cemoro Swu - Sarangan, Seperti ini Kondisinya

Kepala Distamhut DKI Bayu  Megantara menjelaskan, kegiatan ini menghadirkan 165 stan. "Yang menarik, kelima kota dan kabupaten di Jakarta menampilkan keunikan masing-masing daerah di stannya," ujarnya. 

Jakarta Pusat, lanjutnya, menampilkan replika gedung STOVIA, Jakarta Utara menampilkan Kampung Tugu, Jakarta Selatan menampilkan Little Tokyo Blok M, Jakarta Barat menampilkan nuansa China Town, Jakarta Timur menampilkan nuansa Kampung Arab dan Kepulauan Seribu menampilkan Pulau Macan.

Untuk meningkatkan penghijauan kota, selama kurun waktu satu tahun ini Jakarta telah berhasil menambah 6.560.396 penanaman vegetasi. Antara lain, sebanyak 246.631 adalah pohon pelindung dan produktif, 6.58.518 tanaman hias, dan 155.227 mangrove.

Penanaman dilakukan oleh unsur pemerintah pusat, KLHK, TNI, Polri, BUMN, Pemprov DKI, BUMD, swasta, masyarakat, dan pegiat nasional.

Baca juga: Nonton Drama Korea Bitter Sweet Hell Episode 14 Sub Indo

Tahun ini, pihaknya juga menambah ruang terbuka hijau seluas 42.303 meter persegi atau sekitar 4,2 hektare dari hasil rekapitulasi Dinas Sosial dan Sarana dan Prasarana DKI Jakarta dengan total nilai lebih dari Rp 353 miliar.

Kemudian penambahan ruang terbuka hijau seluas 5,1 hektare dengan melakukan pembangunan dan penataan kawasan di 24 ruang terbuka hijau.

"Kami akan terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat Jakarta," tandasnya.