Helo Indonesia

Tips Tanam Pohon Mangga dari Stek di Air, Simak

M Ridwan - Ragam
Minggu, 9 Juni 2024 11:37
    Bagikan  
Mangga,
fixabay

Mangga, - Cara Menanam Pohon Mangga.

HELOINDONESIA.COM - Buah mangga, yang dikenal dengan rasa manis dan teksturnya yang lembut, tidak hanya lezat tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Begini tips dan tricks cara menanam pohon mangga dari stek di air.

Berikut ini caranya:

1. Pilih Stek: Pilih cabang yang sehat dari pohon mangga, panjangnya sekitar 12-18 inci, dengan beberapa buku.

2. Siapkan Stek: Gunakan gunting kebun yang bersih untuk membuat potongan diagonal di bawah ruas daun.  Buang daun bagian bawah untuk mencegah pembusukan.

3. Hormon Rooting Opsional: Celupkan ujung potongan ke dalam bubuk hormon rooting untuk perkembangan akar yang lebih cepat.

4. Masukkan ke dalam Air: Isi toples dengan air bersuhu ruangan.  Rendam buku stek yang tidak berdaun sambil menjaga bagian daunnya tetap di atas air.  Letakkan di tempat yang hangat dan terang, jauh dari sinar matahari langsung.


5. Ganti Air: Setiap beberapa hari, ganti air untuk mencegah genangan dan meningkatkan pertumbuhan akar.

6. Bersabarlah: Mungkin diperlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan sampai akarnya berkembang.  Carilah tanda-tanda pertumbuhan seperti bintil putih.

7. Transplantasi: Setelah akar terbentuk, tanam stek di tanah yang memiliki drainase yang baik.  Pastikan akar tertutup sementara bagian atasnya tetap berada di atas tanah.

8. Merawat Tanaman: Simpan di tempat yang hangat dan cerah dan siram secara teratur.  Lindungi dari angin kencang dan embun beku, terutama pada tahun pertama.

9. Mendorong Pertumbuhan: Pupuk dengan pupuk berimbang dan pangkas sesuai kebutuhan untuk mempertahankan bentuk.


Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat menanam pohon mangga dari potongan di air dan menikmati lezatnya mangga buatan sendiri di halaman belakang rumah Anda.

Tips cara menanam pohon mangga dari stek di air tersebut dikutip dari postingan akun media sosial Facebook Brigita Endang Supriyati, Minggu 9 Juni 2024.

Semoga informasi yang disajikan ini bermanfaat untuk Anda.