Helo Indonesia

Gelaran Kosmetika Mendorong Kemajuan Produk Lokal

Aris Mohpian Pumuka - Ragam
Jumat, 7 Juni 2024 11:01
    Bagikan  
Pemeran
Aris Mohpian Pumuka

Pemeran - Female Daily Network menyelanggarakan pameran kosmetika di JCC

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Warga Jakarta selama empat hari, sejak Kamis hingga Minggu ke depan (9/6), akan dimanjakan dengan jualan beragam hiasan kosmetika dalam gelaran "Jakarta X Beauty 2024" yang bertemakan "Pemberdayaan UMKM Kecantikan Berdaya Saing Internasional"Besutan dari Female Daily yang bertepatan dengan perayaan HUT ke-17.

Event sekarang yang diselenggarakan di hall Jakarta Convention Center,  Jakarta X Beauty menghadirkan lebih dari 400 brand kecantikan ternama di Indonesia dan luarn negeri, termasuk PT Paragon Technology and Innovation.

"Dalam pameran in, para produsen kosmetika obral besar dengan memberikan berbagai promo dan harga miring," kata CEO Female Daily Network Hanifa Ambadar kepada wartawan, pada Kamis (6/6) di Jakarta.

Selain berbelanja, katanya, para pengunjung juga bisa mencoba berbagai aktivitas seru seperti skin test, mendengarkan talkshow seputar perawatan tubuh, treatment gratis dan berbagai hal yang berkaitan dengan kecantikan wanita.

Baca juga: Kejar Giant Discovery, SKK Migas dan KKKS Siap Survei Seismik 3D Senilai Rp 1,1 Triliun

Sebelumnya, pada tahun lalu Jakarta X Beauty 2023 telah menghasilkan 130.000 visitor serta transaksi sekitar Rp300 miliar, selama 4 (empat) hari penyelenggaraan. Tahun ini pihak panitia berencana menggenjot pengunjung lebih banyak dan transaksi lebih besar.

Hanifa mengatakan, pihaknya akan mencapai target tersebut dengan mengadakan talk show menarik dan berbagai seminar tentang kecantikan dan dunia kosmetika. Terdapat kecenderungan yang cukup menggembirakan, di mana setiap lima tahun muncul brand-brand lokal baru. "Menariknya perkembangan ini tidak berpengaruh saa kita tengah dilanda panedemi COVID," ujarnya.

Dia katakan, perkembangan yang menarik ini karena merk lokal Indonesia telah mampu bersaing dengan merk luar negri. Juga, ditunjang jumlah penduduk di Nusantara yang besar. Selain inovasi produk lokal kosmetika perawatan tubuh, yang disesuaikan dengan  jenis-jenis kulit masyarakat Indonesia yang beragam.

Kehadiran Staf Khusus Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Kementerian Koperasi dan UKM Fiki Satari, yang menggantikan Menteri Teten Masduki, dalam talk show juga menjelaskan tentang upaya pemerintah dalam membantu mengembangkan UMKM yang bergerak di bidang kosmetika.

Baca juga: Berikut Kode Redeem Game Mobile Legends (ML) Terbaru Hari ini, Jumat 7 Juni 2024 : Ayo segera Klaim!

Fiki mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah melindungi pasar dari gempuran produk-produk luar negri. "Kami telah merevisi aturan-aturan yang menghambat UMKM," katanya.

Dia katakan, juga E-Commerce brand luar harus memiliki izin impor dan tidak boleh berjualan lewat media sosial (Medsos). Ia prihatin, porsi merk lokal hanya menguasai 40% pasar dalam negri, sementara sisanya diambil brand-brand internasional. Belum lagi produk lokal masih bergantung pada impor bahan baku dan packaging (kemasan).

Ia berharap produsen besar, seperti Paragon, ikut memberdayakan UMKM. Memakai produk mereka, tapi tetap memakai brand Paragon. "Misal, Paragon menjadi lokomotif UMKM," ujarnya.

Harman Subakat, yang mewakili Paragon, dalam bincang-bincang itu sepakat dengan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. "Saya setuju dengan upaya pemerintah menciptakan ekosistem. Paragon akan membantu dan menjadi bagian dari ekosistem tersebut," katanya.