bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tips Menyimpan Cabai Agar Tidak Cepat Busuk

Ratu Mandiri - Ragam
Rabu, 5 Juni 2024 17:28
    Bagikan  
Cabai
Freepik

Cabai -

HELOINDONESIA.COM - Menyimpan cabai dengan benar bisa memperpanjang umur simpan cabai sehingga tetap segar dan dapat digunakan lebih lama. 

Cabai adalah salah satu bahan dapur yang paling sering digunakan dalam masakan. Rasanya yang pedas mampu menambah cita rasa pada berbagai jenis masakan. Namun, cabai sering kali cepat membusuk jika tidak disimpan dengan baik.

Berikut adalah beberapa langkah praktis untuk menyimpan cabai agar tidak cepat busuk. 

1. Buang Cabai yang Jelek atau Sudah Membusuk

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menyimpan cabai adalah memeriksa kondisinya satu per satu. Buang cabai yang sudah jelek atau mulai membusuk. Cabai yang sudah rusak bisa mempengaruhi cabai lainnya dan mempercepat proses pembusukan.

Cabai yang mulai busuk biasanya berwarna kusam, berkerut, atau bahkan lembek. Dengan membuang cabai yang rusak, kita bisa mencegah penyebaran jamur atau bakteri ke cabai yang masih baik.

2. Cabai Tak Perlu Dicuci Dulu

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah mencuci cabai sebelum menyimpannya. Mencuci cabai justru bisa membuatnya lebih cepat busuk. Air yang tersisa pada permukaan cabai dapat menyebabkan kelembapan berlebih sehingga menimbulkan pertumbuhan jamur dan bakteri. 

Mencuci cabai ketika akan diolah atau dimasak. Jadi, selama dalam proses penyimpanan sebaiknya tidak sampai kena air lebih dulu. 

 

3. Siapkan Wadah yang Sudah Dialasi Tisu

Tisu berfungsi menyerap kelembapan berlebih yang mungkin ada pada cabai atau yang mungkin terbentuk di dalam wadah. Dengan menyerap kelembapan, tisu membantu menjaga lingkungan di dalam wadah tetap kering, sehingga mengurangi risiko pembusukan.

4. Tambahkan 2-3 Siung Bawang Putih ke dalam Wadah

Menambahkan 2-3 siung bawang putih ke dalam wadah penyimpanan cabai. Bawang putih mengandung senyawa antibakteri alami yang bisa membantu mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada cabai. 

5. Masukan Wadah di Lemari Es

Cabai sebaiknya disimpan di dalam lemari es, khususnya di laci sayuran yang memiliki suhu lebih stabil. Suhu dingin membantu memperlambat proses pembusukan.