bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tetap Halus dan Terbebas dari Kerusakan

Ratu Mandiri - Ragam
Kamis, 30 Mei 2024 17:48
    Bagikan  
rambut smoothing
pinterest

rambut smoothing -

HELOINDONESIA.COM - Smoothing masih jadi salah satu hair treatment favorit perempuan, karena bisa menghasilkan rambut yang tampak lebih halus, lembut, dan mudah diatur. Hair treatment satu ini masih jadi andalan untuk perempuan yang mempunyai rambut keriting dan mengembang. Namun, ternyata nggak semua perempuan memahami cara merawat rambut smoothing dengan tepat.

Pada dasarnya, smoothing merupakan proses pelurusan rambut dengan bahan-bahan kimia untuk membuatnya tampak lebih lurus dan halus tanpa perlu repot mencatok lagi. Hasil smoothing bisa bertahan hingga 5-7 bulan, dengan catatan rutin melakukan perawatan rambut yang dibutuhkan.

Jika tidak rutin melakukan perawatan rambut akan menjadi setengah keriting dan kering. Hal tersebut terjadi karena proses smoothing melibatkan penggunaan bahan kimia yang bisa mengubah struktur dan ikatan rambut. Maka jika tidak ditunjang dengan perawatan batang rambut menjadi lebih rapuh dan kering.

Agar smoothing tampak halus dan berkilau wajib mengikuti perawatan dibawah ini!

1. Hindari Keramas

Salah satu hal penting yang diberikan oleh hair stylist di salon setelah kamu melakukan proses smoothing adalah jangan langsung keramas. setidaknya untuk beberapa hari ke depan. 

Setidaknya, hindari keramas selama 3 hari pertama. Hal ini penting agar obat pelurus rambut yang digunakan selama proses smoothing dapat meresap dan bekerja optimal hingga benar-benar meluruskan setiap helai rambut yang dimiliki.

2. Gunakan Shampo yang Tepat

Penting untuk melakukan perawatan sehari-hari yang tepat salah satunya adalah dengan memilih jenis shampo yang tepat dengan formula untuk merawat rambut smoothing. Proses smoothing bisa membuat rambut berpotensi jadi kering, kusam, dan mudah rontok

Pilih shampo yang memiliki kandungan melembapkan sekaligus menutrisi rambut, misalnya saja keratin untuk mengembalikan protein penyusun rambut agar tetap elastis. Kandungan vitamin E juga diperlukan untuk menjaga agar rambut tetap halus, lembut, dan sehat.

Jangan sampai salah pilih shampo, karena bisa mempengaruhi kesehatan rambut dan memperbesar kemungkinan mahkotamu mengalami kerusakan.


3. Jangan Lewatkan Kondisioner

Keramas dengan shampo saja tidak cukup untuk memberikan perawatan harian pada rambut smoothing. Jika shampo berperan untuk membersihkan kulit kepala, maka kondisioner diperlukan untuk mempertahankan kelembapan batang rambut yang rentan mengalami kondisi kering, bercabang, dan rapuh. Pakai kondisioner cukup dari batang hingga ujung rambut, perlu diingat jangan sampai mengenai permukaan kulit kepala karena nanti rambut kamu akan menjadi lepek.

4. Hindari Pemakaian Alat Penataan Rambut

Cara merawat rambut smoothing akan memberikan hasil yang maksimal jika kamu memperhatikan kebiasaan sehari-hari dalam memperlakukan rambut. Jika ingin hasil smoothing tampak halus dan sehat dalam waktu lama, hindari penggunaan alat penataan rambut bersuhu tinggi seperti hair dryer, catokan, dan alat pengeriting rambut.

Pasalnya, alat penataan rambut tersebut memiliki suhu tinggi yang bisa merusak kesehatan rambut. Apalagi pada rambut smoothing yang kondisinya lebih rentan karena sudah mengalami proses kimiawi. Jika masih sering terkena alat penataan rambut bersuhu tinggi, akan lebih rentan mengalami kondisi kering, bercabang, dan rapuh. Jadi, perhatikan kebiasaan yang satu ini kalau ingin menjaga kesehatan rambut.


5. Jangan Mengikat Rambut

Terlalu sering mengikat rambut, apalagi jika terlalu kencang, bisa meninggalkan bekas pada rambut smoothing yang menyebabkannya jadi bergelombang. Bekas ini cenderung susah hilang bahkan jika sudah keramas, karena tekstur rambut akan mengikuti ikatan yang ada.

Kalau nggak mau proses smoothing rambut jadi sia-sia, sebaiknya hindari mengikat rambut jika tidak terlalu dibutuhkan. Kalau pun harus mengikat rambut, gunakan karet rambut dari bahan lembut dan usahakan ikatannya jangan terlalu kencang.