bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

4 Cara Menyimpan Gula Merah agar Tidak Meleleh dan Berjamur

Ratu Mandiri - Ragam
Kamis, 2 Mei 2024 17:31
    Bagikan  
freepik

-

HELOINDONESIA.COM - Gula merah seringkali digunakan untuk berbagai macam masakan, minuman maupun kue tradisional. Terkadang beberapa orang membeli gula merah atau gula jawa dalam porsi besar untuk disimpan di rumah sehingga sewaktu-waktu butuh, tidak harus beli ke pasar. Tapi permasalahan yang sering muncul saat membeli gula merah terlalu banyak adalah meleleh dan berjamur seiring berjalannya waktu.

Meskipun gula merah yang meleleh masih tetap bisa digunakan atau dikonsumsi, tapi sepertinya membuat banyak orang kurang nyaman. Lalu bagaimana cara menyimpan gula merah agar tidak meleleh dan berjamur? Simak tipsnya.

1. Bungkus plastik

Jika gula merah yang dibeli di pasar sudah dikemas rapi dan disegel bagus, tinggal disimpan di dalam lemari makanan yang jauh dari sinar matahari tapi sirkulasi udarah tetap bagus. Sesuaikan suhu udara agar tidak terlalu lembab maupun terlalu panas, lebih baik jika disimpan di area yang kering dan teduh sehingga gula tetap awet meski tidak diperlakukan khusus di dalam lemari makan.


2. Simpan di stoples kedap udara

Jika punya stoples makan yang tidak dipakai, boleh plastik maupun kaca, simpan saja gula merah di dalam stoples ini. Pastikan stoples memiliki tutup yang kedap udara sehingga aroma manisnya tidak mengundang semut atau serangga datang ke stoples ini. Jika masih ada udara yang masuk, apalagi masih ada celah semut untuk masuk, biasanya gula merah jadi cepat meleleh dan tidak akan tahan lama.

3. Taruh di kulkas

Kemas gula merah di dalam plastik ziplock atau plastik kiloan biasa, kemudian ikat simpul erat. Setelah itu masukkan ke dalam lemari es, bisa di area bawah atau freezer. Cara ini mampu mempertahankan gula merah tetap padat, tidak gampang meleleh maupun berjamur. Tapi lebih baik disimpan di freezer daripada di lemari es bagian bawah, karena seringkali udara yang lembab dan kurang dingin akan menyebabkan gula merah jamuran.


4. Tambahkan cengkeh

Jika ingin menyimpan gula merah di lemari penyimpanan makanan, cukup masukkan ke dalam stoples lalu tambahkan beberapa biji cengkeh di dalamnya. Selain mempertahankan aroma harum di dalam stoples, cengkeh berfungsi menghindarkan semut dan serangga mendekat karena aroma cengkeh yang kuat tidak disukai semut dan beberapa serangga.

Itu dia beberapa cara menyimpan gula merah agar tidak gampang meleleh dan berjamur yang cocok diterapkan di rumah. Semoga bermanfaat.